7 Khasiat Daun Dadap Serep yang Baik untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Keguguran

7 Khasiat Daun Dadap Serep yang Baik untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Keguguran

Daun dadap serep, selain sebagai hiasan di tanaan--google.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak banyak orang yang tau daun dadap serep memiliki banyak manfaat pada kesehatan, apalagi untuk anak dan ibu hamil dan menyusi.

Daun dadap atau cangkring merupakan golongan tumbuhan dari suku Fabaceae, dan biasanya tanaman ini hanya sebagai hiasan dan juga peneduh.

Daun dadap serep memiliki batang tegak, berkayu licin, dan juga berwarna hijau berbitik putih, dengan bentuk tulang daun menyirip.

BACA JUGA:

Daun ini biasanya tumbuh di tempat terbuka dan sering ditemukan di wilayah pegunungan dengan ketinggian 1.500 mdpl. Biasanya daun dadap serep juga sering tumbuh saat musim hujan. Daun dadap serep juga menghasilkan buah polong berwarna hijau kemudaan.

Meski hanya sebagai tumbuhan hiasan, namun daun dadap memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan menyusui, apa saja ya?

Manfaat Daun Dadap Serep

Daun dadap serep biasanya sering dijadikan sebagai ramuan obat tradisional, lantaran dipercaya memiliki banyak manfaatnya.

Melansir dari Buku 24 Legendaris berikut ini manfaat daun dadap serep untuk kesehatan serta ibu hamil dan menyusui:

1. Meredakan demam anak

Pada jaman dulu, daun dadap sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk meredakan demam pada balita dan anak.

Biasanya daun dadap ini ditempelkan ke dahi balita atau anak yang sedang demam, setelah daun tersebut di gulung hingga lunak. Sebelum ditempelkan, satu lembar daun dadap serep ini dicuci hingga bersih

2. Menjaga kesehatan demam nifas

Selain meredakan demam pada anak, daun dadap juga bisa menjadi obat untuk demam nifas. Caranya, ambil beberapa daun muda dadap serep, kemudian tumbuk. Tempelkan ke perut 2 kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: