Kenali Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Kenali Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Ilustrasi bawang dayak.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Bawang khas Kalimantan atau yang disebut bawang dayak ini memiliki sebutan Latin Eleutherine palmifolia L Merr ini sudah sejak lama dipercaya oleh sebagian orang bisa mengobati segala macam penyakit.

Menanamnya pun tak sulit. Herba ini mampu hidup di iklim dan jenis tanah apa saja. Yang jelas, bawang dayak butuh sinar matahari agar tumbuh subur. 

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan mungkin masih belum begitu dikenal banyak orang. Bahkan salah satu jenis bawang ini masih asing di telinga banyak orang. Meski begitu, bawang dayak ini memiliki berbagai manfaat dahsyat untuk kesehatan

Bawang Dayak sendiri merupakan sebuah tanaman yang berasal Kalimantan. Masyarakat Dayak di Kalimantan telah lama membudidayakan tanaman umbi satu ini sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

BACA JUGA:

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan didapatkan dengan berbagai zat yang dikandungnya. Bentuk bawang dayak cukup mirip dengan bawang merah biasa. Memiliki warna merah pada umbinya, hingga memiliki warna putih sebagai bunganya.

Namun, bawang dayak memiliki bau yang tidak menusuk dan tidak membuat perih mata saat mengirisnya. Nutrisi paling menonjol dari herbal yang acap kali disebut sebagai bawang berlian atau bawang tiwai ini adalah flavonoid (antioksidan).

Bentuk bawang dayak tidak berbeda jauh dari bawang merah biasa, tapi ukuran umbinya lebih kecil, warna merahnya lebih menyala, dan permukaan kulitnya lebih licin. Selain bermanfaat sebagai rempah, bawang ini bisa digunakan sebagai obat tradisional.

Berikut beberapa potensi khasiat bawang dayak yang perlu diketahui:

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan yang pertama adalah mengontrol takanan darah. Darah tinggi atau hipertensi tentunya merupakan suatu penyakit yang cukup umum diderita banyak orang. Apalagi penyakit satu ini merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya. Manfaat bawang dayak bagi kesehatan berkaitan dengan kandungan senyawa asilin yang dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuktikan bahwa bawang dayak dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk penyakit-penyakit berat sekalipun.

Menurunkan Risiko Diabetes

Bawang sabrang mengandung eleutherinoside A yang membantu menghambat penyerapan karbohidrat di usus besar, mengontrol pelepasan glukosa, dan meningkatkan penyerapan gula oleh otot dan liver. Walaupun penelitian masih di tahap laboratorium, potensi bawang dayak dalam menanggulangi diabetes menarik untuk disimak.

Mengatasi Infeksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: