Kenali Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Kenali Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Ilustrasi bawang dayak.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Penelitian menunjukkan bahwa Bawang Dayak kaya akan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, triterpenoid, steroid, dan tannin. Senyawa-senyawa ini memiliki potensi melawan bakteri berbahaya seperti Staphylococcus aureus (MRSA), B. cereus, Shigella sp., dan Pseudomonas aeruginosa. Staph dan MRSA dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari infeksi kulit hingga infeksi darah.

Menangkal Radikal Bebas

Bawang dayak mengandung triterpenoid, sekaligus polifenol. Semuanya itu berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyakit berbahaya. Radikal bebas diproduksi tubuh secara alami. Namun, beberapa hal yang dapat meningkatkan produksinya, antara lain merokok, minum alkohol, banyak makan gorengan, dan terpapar polusi. Ketika produksi radikal bebas di tubuh meningkat, maka akan berisiko terkena penyakit kronis seperti demensia, diabetes, dan penyakit autoimun. Penggunaan bawang dayak pun dinilai mampu menjadi salah satu cara untuk mencegah masalah kesehatan tersebut. 

BACA JUGA:

Mencegah Penyakit Jantung

Masih berkaitan dengan senyawa yang dikandungnya, salah satu manfaat bawang dayak bagi kesehatan adalah dapat mencegah penyakit jantung. Senyawa yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung ini bernama senyawa fenolik. Tentunya hal ini akan sangat membantu bagi para penderita penyakit jantung, karena penyakit ini telah merenggut banyak sekali nyawa orang dari berbagai belahan dunia.

Mengontrol dan Meredakan Gejala Menopause

Berkurangnya hormon estrogen dalam tubuh wanita menopause dapat mempengaruhi kondisi kesehatan secara menyeluruh. Ekstrak bawang berlian atau bawang sabrang ini pernah diteliti dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal Of Biological Sciences. Menurut peneliti, kandungan eleutherine dalam bawang tersebut terhubung kuat dengan reseptor estrogen alfa (ERα). Senyawa itu akan meningkatkan hormon estrogen tanpa disertai penebalan dinding rahim. Dengan begitu, risiko untuk terkena kanker serviks menjadi lebih rendah.

Memperbaiki Fungsi Ginjal

Terdapat penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat dari bawang ini, tetapi baru sebatas di hewan percobaan. Hasil penelitian para ilmuwan melaporkan bahwa ekstrak bawang sabrang dapat menurunkan derajat kerusakan ginjal. Penggunaan bawang dayak untuk memperbaiki fungsi ginjal bisa dibarengi dengan pola makan yang sehat. Misalnya, kurangi garam pada masakan, perbanyak konsumsi sayuran, hindari makanan cepat saji, dan utamakan makanan yang terbuat dari gandum utuh. 

Cara Mengonsumsi Bawang Dayak Untuk Obat:

Teh Bawang Dayak

Bahan:

  • 1 umbi bawang dayak (potong tipis)
  • Teh hijau atau hitam secukupnya
  • Madu untuk pemanis (opsional)

Cara Membuat:

  1. Rebus bawang dayak dalam air hingga mendidih.
  2. Saring air rebusan dan seduh teh hijau atau hitam.
  3. Tambahkan madu jika diinginkan.
  4. Nikmati teh bawang dayak yang kaya antioksidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: