Beragam Manfaat Buah Sirsak yang Kaya akan Khasiat untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Buah Sirsak yang Kaya akan Khasiat untuk Kesehatan

Manfaat buah sisrsak.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Buah Sirsak memiliki rasa yang khas, sedikit asam, dagingnya kenyal, berwarna putih, dan menyegarkan.

Kandungan gizi yang terdapat dalam sirsak mampu menyembuhkan berbagai masalah kulit, bahkan diduga dapat menyembuhkan jenis kanker tertentu.

Buah sirsak atau yang disebut dengan nama latin Annona muricata adalah salah satu buah yang menawarkan rasa nikmat sekaligus segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sirsak adalah salah satu buah yang diperkaya dengan serat, vitamin, dan mineral yang sehat. Dalam satu cangkir buah sirsak mentah atau setara dengan 225 gram sirsak diketahui mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti:

  • Kalori: 148.
  • Karbohidrat: 37,8 gr.
  • Gula: 30 gr.
  • Serat: 7,42 gr.
  • Protein: 2,25 gr.

Selain itu, buah sirsak juga mengandung vitamin C dan B, kalium, zat besi, folat, zinc, serta magnesium. Tidak sampai di situ, sirsak juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

BACA JUGA:

Berkat semua nutrisi tersebut, buah ini menawarkan berbagai manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya: 

Memperlambat Penuaan

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah sirsak memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, serta melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Paparan radikal bebas dari polusi, asap rokok, dan sinar ultraviolet dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Kulit dapat menjadi kering, berkerut, mengendur, dan muncul bintik hitam. Untuk memperlambat proses penuaan, selain mengurangi paparan dari faktor-faktor tersebut, konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah sirsak juga sangat membantu dalam menjaga kulit tetap sehat dan berpenampilan muda.

Melancarkan Pencernaan

Dalam 100 gram sirsak, mengandung 20 miligram vitamin C yang memiliki manfaat sebagai pengobatan alami untuk disentri. Selain buahnya, Anda juga bisa menggunakan daun sirsak untuk pengobatan yang berhubungan dengan masalah saluran pencernaan. Cara mengonsumsi daunnya dengan cara diseduh seperti teh. Daun dan daging sirsak dapat digunakan untuk membersihkan usus, dan sistem gastrointestinal lebih lancar. Hal ini karena sirsak dapat memberi stimulasi hormon diuretik dan vitamin C pada sirsak dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Peradangan

Studi dalam Journal of Human Hypertension menyebutkan, ekstrak buah ini memiliki sifat antiinflamasi. Peneliti percaya bahwa sifat ini efektif untuk mengurangi inflamasi sekaligus mencegah berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena kondisi tersebut, termasuk arthritis, hipertensi, dan asam urat. Akan tetapi, studi yang muncul sejauh ini belum bisa memberikan kesimpulan yang akurat terkait efektivitas dari buah ini sebagai pilihan pengobatan alternatif selain medis. Inilah sebabnya, masih perlu adanya studi lain untuk menguatkan bukti tersebut. 

Melawan Infeksi Bakteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: