Beragam Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh Chamomile yang Baik untuk Fisik dan Mental

Beragam Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh Chamomile yang Baik untuk Fisik dan Mental

Ilustrasi teh chamomile.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Teh Chamomile terbuat dari ekstrak bunga tanaman chamomile (Matricaria recuita) yang berasal dari Eropa.

Jenis teh ini termasuk dalam teh bebas kafein yang cukup populer dan bnayak diminati. 

Tak hanya karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum, teh chamomile juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Dengan kandungan utama dari bunga chamomile yang dikeringkan dan diseduh dengan air panas, teh ini tidak hanya menyajikan sensasi minum yang tenang tetapi juga memiliki sejuta manfaat tersembunyi yang siap memberikan kontrubusi positif bagi tubuh kita. 

Keunggulan utama dari teh chamomile adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Jadi, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat melalui teh chamomile yang dapat diminum setiap hari.

Berikut ragam manfaat teh chamomile untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

BACA JUGA:

Mengatasi Insomnia dan Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu manfaat teh chamomile adalah kemampuannya untuk meredakan masalah insomnia. Sifat sedatif alami dalam chamomile dapat membantu mengurangi kecemasan, mengendurkan otot, dan mempromosikan tidur yang lebih baik. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak chamomile dapat mengurangi waktu bangun di malam hari serta mempercepat proses tertidur. Dengan teh chamomile, kita dapat menikmati tidur yang berkualitas dan bangun dengan semangat yang menyegarkan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Teh chamomile telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, termasuk sebagai obat perut panas serta penyakit asam lambung, diare, mengatasi sariawan saat hamil, dan mual. Manfaat teh chamomile ini diduga berasal dari efek antiradang di dalamnya yang dapat mengurangi keasaman di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Selain itu, teh chamomile juga dapat menenangkan perut dan merelaksasi otot pencernaan sehingga baik dikonsumsi saat mual.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat minum teh chamomile secara rutin setiap hari juga mampu menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung. Bunga ini yang mengandung flavonoid juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Penggunaan rutin flavonoid yang dikonsumsi dalam makanan atau minuman mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner pada pria lanjut usia.

Mengurangi Risiko Alami Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: