Manfaat Mengejutkan Jus Nanas Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyumbatan Jantung

Manfaat Mengejutkan Jus Nanas Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyumbatan Jantung

Ilustrasi jus nanas.-Foto: Pinterest.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Manfaat jus nanas diperoleh dari enzim bromelain yang terkandung di dalam buah nanas. Selain enzim bromelain, jus nanas juga mengandung berbagai nutrisi lain yang bermanfaat untuk mengatasi batuk, sembelit, hingga kolesterol tinggi. 

Nanas merupakan buah tropis bercita rasa manis dengan kulit yang keras serta berduri. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Manfaat buah nanas dapat diperoleh saat dimakan langsung maupun diolah. 

Beberapa contoh olahan buah nanas adalah jus nanas, selain sebagai campuran bahan masakan, serta dipanggang. jus nanas yang merupakan olahan buah nanas paling mudah dan sering dijumpai juga menyimpan berbagai manfaat. Manfaat jus nanas diperoleh dari bromelain, enzim yang terdapat pada buah nanas.  

Jus nanas kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, kalium, dan serat. Minuman ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

BACA JUGA:

Kandungan Buah Nanas

Berat 1 buah nanas berukuran sedang kira-kira 900–1.000 gram. Dalam 100 gram nanas, terdapat sekitar 40 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 0,5 gram protein
  • 10 gram karbohidrat
  • 1 gram serat
  • 58 IU vitamin A, 48 miligram vitamin C, 18 mikrogram folat
  • 110 miligram kalium, 12 miligram magnesium

Selain itu, buah nanas juga mengandung vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan, dan bromelain yang merupakan enzim khas dari nanas. Enzim ini dapat memproduksi zat yang mampu mencegah peradangan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat jus nanas bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh berkat berbagai kandungan di dalamnya:

Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Selain kaya akan serat, manfaat jus nanas dalam mencegah dan mengatasi sembelit juga didapatkan dari enzim bromelain. Enzim ini mampu memecah protein agar lebih mudah diserap oleh usus. Dengan begitu pencernaan menjadi lancar dan sembelit dapat dihindari maupun diatasi.

Menjaga Kesehatan Mata

Nanas kaya akan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, sel-sel mata cenderung rusak. Ini disebut degenerasi makula. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi jus nanas. Agar tetap sehat, tingkatkan asupan vitamin A salah satunya dengan rajin mengkonsumsi jus nanas. Kandungan beta karoten pada nanas akan diubah menjadi vitamin A pada hati.

Menurunkan Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: