Profil Universitas Jambi (UNJA) Mulai dari Sejarah Kerajaan Melayu hingga Pusat Pendidikan dan Industri Modern

Profil Universitas Jambi (UNJA) Mulai dari Sejarah Kerajaan Melayu hingga Pusat Pendidikan dan Industri Modern

Profil Universitas Jambi (UNJA) Dari Sejarah Kerajaan Melayu hingga Pusat Pendidikan dan Industri Modern--foto : tangkapan layar Youtube

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jambi, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya, dahulunya merupakan bagian dari Kerajaan Melayu. Kerajaan ini berpusat di sepanjang Sungai Batanghari, dengan pusat pemerintahan di Dharmasraya, Sumatera Barat.

Kini, Jambi dikenal dengan landmark-nya seperti Jembatan Gentala Arasy dan berbagai industri, termasuk batik yang menjadi ciri khas daerah ini.

Selain itu, Jambi juga menawarkan pesona wisata alam seperti Komplek Percandian Muaro Jambi, perkebunan teh Kayu Aro, Gunung Kerinci, dan Geopark Merangin.

Universitas Jambi (UNJA) memainkan peran vital dalam mendukung industrialisasi dan visi pemerintah daerah untuk mewujudkan Jambi Emas, yaitu ekonomi yang maju, adil, dan sejahtera.

Sejak berdirinya, UNJA telah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak besar pada kemajuan Jambi dan sekitarnya.

BACA JUGA:

Sejarah dan Perkembangan Universitas Jambi

Universitas Jambi, yang kini menjadi salah satu universitas negeri terkemuka di wilayah Jambi, resmi didirikan pada 1 April 1963. Pada awalnya, UNJA hanya memiliki empat fakultas: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Peternakan.

Perubahan nama dari Universitas Negeri Jambi menjadi Universitas Jambi terjadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1982.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UNJA memiliki delapan program studi yang berkomitmen menghasilkan lulusan berkualitas tinggi dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi.

Fakultas Hukum menawarkan program studi ilmu hukum yang bertujuan menghasilkan sarjana hukum yang unggul dan berkarakter.

Fakultas Lain di Universitas Jambi

Fakultas Pertanian, dengan tiga program studi, berfokus pada pengembangan sumber daya manusia yang handal di bidang pertanian.

Fakultas Peternakan menawarkan fasilitas yang mendukung peningkatan hard skill dan soft skill mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan bermoral tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: