Longsor di Tebing Tol Jorr Bintaro Gegara Curah Hujan Tinggi, Saksi Mata Ungkap Penyebabnya

Longsor di Tebing Tol Jorr Bintaro Gegara Curah Hujan Tinggi, Saksi Mata Ungkap Penyebabnya

Salah satu saksi mata insiden itu, Fikri (27), menjelaskan kejadian Longsor ini terjadi di dinding penahan tanah Segmental Retaining Wall (SRW) di akses keluar Veteran Ruas Tol JORR W2S, Bintaro Jaksel-Istimewa/Fajar Ilman-DISWAY Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tebing tol di Jalan Mulia Bhakti, Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel) mengalami longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu 6 Juli 2024 siang.

Salah satu saksi mata insiden itu, Fikri (27), menjelaskan bahwa kejadian terjadi secara mendadak saat hujan deras mengguyur area tersebut.

"Hujan deras tiba-tiba ada suara pas saya keluar ada yang roboh, untungnya gak ada yang lalu lalang lewat, tiba-tiba langsung roboh," katanya kepada wartawan, Minggu 7 Juli 2024.

Suara dari longsor tersebut terdengar sangat kencang, bahkan bisa terdengar dari lantai dua tempat tinggal saksi yang berhadapan langsung di TKP.

"Kencang sekali, orang saya di atas (lantai 2 kost)," jelasnya.

BACA JUGA:

Fikri mengatakan, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Jasa Marga tidak langsung tiba di lokasi setelah kejadian.

Awalnya, warga setempat berkumpul dan pihak kelurahan terlibat sebelum akhirnya menghubungi jasa marga dan instansi terkait untuk menangani situasi tersebut.

"Nunggu dulu gak langsung datang, jadi warga dulu kumpul, ada pihak kelurahan, lalu pihak kelurahan baru ngabarin jasa marga dan lainnya," ungkapnya.

Longsor ini terjadi di dinding penahan tanah Segmental Retaining Wall (SRW) di akses keluar Veteran Ruas Tol JORR W2S sekitar pukul 13.20 WIB.

Akibatnya, jalur tempat longsor terjadi ditutup sementara untuk keamanan dan perbaikan.

Dari pantauan Disway.id di lapangan pada pukul 14.00 WIB, Minggu 7 Juli 2024, terlihat alat berat sedang melakukan pembersihan material longsor dan puing dinding jalan tol.

Beberapa petugas dari jasa marga juga terlihat berjaga di lokasi untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pembersihan.

(Fajar Ilman).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: