Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha 2024, Ini Menurut SKB 3 Menteri

Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha 2024, Ini Menurut SKB 3 Menteri

Ilustrasi sholat Idul Adha.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Idul Adha diperingati setiap tahun oleh umat Islam pada tanggal 10 Dzulhijjah. Peringatan Idul Adha juga disebut dengan lebaran haji. Untuk peringatan tahun ini, pemerintah melalui SKB 3 Menteri telah menetapkan jadwal libur nasional dan cuti bersama Idul Adha 2024. 

Menurut SKB 3 Menteri, Idul Adha 2024 jatuh pada 17 Juni 2024. Meski demikian, penetapan tanggal Idul Adha 2024 tetap melalui sidang isbat yang nantinya akan dilaksanakan oleh pemerintah. 

Adapun SKB tersebut diteken oleh Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Sebagai informasi, ada beberapa tanggal merah yang berdekatan dengan libur akhir pekan sehingga menambah durasi libur lebih panjang atau disebut long weekend.

BACA JUGA:

Seperti diketahui, Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Biasanya, hari raya ini juga dikenal dengan istilah Lebaran Haji atau Hari Raya Qurban. 

Lantas, kapan jadwal libur dan cuti bersama Idul Adha 2024? Dengan kehadiran long weekend, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Jadwal Libur dan Cuti Bersama Idul Adha 2024

Berdasarkan kalender Hijriah yang dirilis oleh Kemenag RI, 10 Zulhijjah 1445 H bertepatan dengan 17 Juni 2024. Bagi detikers yang ingin menikmati momen tersebut dengan berlibur, berikut ini informasi mengenai jadwal libur Idul Adha 2024.

Libur ini menjadi long weekend di bulan Juni mengingat 2 hari sebelum Libur Idul Adha merupakan hari weekend. Penetapan tanggal pasti untuk perayaan Idul Adha diumumkan melalui sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. 

BACA JUGA:

Dalam sidang tersebut, hasil hisab dan rukyatul hilal dari berbagai wilayah di Indonesia akan dipertimbangkan. Umat Islam merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban dan membagikan daging kepada yang membutuhkan.

Selain itu, Idul Adha juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan menjalankan ibadah bersama.

Di Indonesia, perayaan Idul Adha akan diawali dengan pelaksanaan Salat Idul Adha bersama di masjid-masjid dan lapangan-lapangan terbuka. Kemudian melakukan penyembelihan hewan kurban dan distribusi daging kepada yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: