Bahaya untuk Penderita Diabetes, Deretan Sayur ini Miliki Kadar Gula yang Tinggi

Bahaya untuk Penderita Diabetes, Deretan Sayur ini Miliki Kadar Gula yang Tinggi

Ilustrasi sayuran yang miliki kadar gula tinggi.-Foto: Unsplash.com/RatulGhosh-

JAKARTA, RADARPENA.CO.IDSayuran memang seringkali disebut sebagai makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Makanan yang satu ini digadang-gadang sangat kecil menimbulkan masalah kesehatan bahkan dianjurkan dimakan setiap hari dengan rutin. 

Jelas sekali sayuran merupakan bagian tumbuhan yang dapat dimakan yang tumbuh di atas tanah dan terdiri dari daun, batang, akar, bunga, dan buah yang tidak manis.

Namun, nyatanya, ada beberapa jenis sayuran yang tidak baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Alasannya karena sayuran itu memiliki kadar gula tinggi yang memang diimbau untuk dihindari oleh penderita diabetes agar kadar gulanya tetap normal.

BACA JUGA:

Berikut, daftar sayuran yang memiliki kadar gula tinggi:

Kacang Hijau 

Dengan 21 gram karbohidrat (7 di antaranya adalah serat), kacang polong secara luas dianggap sebagai sayuran bertepung tinggi. Ya, mereka mengandung protein, tetapi ketika Anda harus memilih sayuran rendah pati untuk diet pasca operasi, kacang polong bukanlah pilihan terbaik.

Bit

Bit adalah sayuran akar yang kaya nutrisi dan fitokimia. Umbi ini mengandung kadar folat, mangan, dan kalium yang tinggi dan merupakan sumber serat yang baik. Sayangnya, bit cukup tinggi pada Indeks Glikemik dengan peringkat 64. Ini menunjukkan bahwa respons glukosa darah dalam 50 g karbohidrat bit sekira 64 persen dari respons glukosa murni. Meski begitu, bit tetap baik bagi pelaku diet untuk menjaga kadar glukosa tetap stabil. Jadi, ketika konsumsi bit disarankan jangan berlebihan.

Butternut Squash 

Labu butternut yang dimasak mengandung hampir 22 gram karbohidrat, tetapi hampir 7 gram serat, yang membuatnya lebih tinggi gula dibandingkan banyak pilihan sayuran lainnya.

Wortel 

Meskipun wortel mengandung sedikit lebih banyak gula daripada beberapa sayuran lainnya, wortel juga mengandung beta-karoten, yang sangat baik untuk kulit dan mata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: