Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Lambung

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Lambung

Manfaat kunyit untuk kesehatan lambung.-Foto: Unsplash.com/ChinhLeDuc-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kunyit telah digunakan sejak lama untuk mengobati beragam penyakit, termasuk asam lambung. Sifat anti radang dan antioksidan pada Kunyit efektif mencegah gejala asam lambung.

Dilansir melalui laman Healthline, manfaat kunyit untuk lambung berasal dari bahan aktif bernama kurkumin. Sebuah studi pada 2011 menunjukkan, efek anti-inflamasi pada kurkumin dapat membantu mencegah peradangan esofagus. 

Kandungan tersebut juga kaya akan sifat antioksidan yang berpotensi mengurangi keparahan gejala GERD. Manfaat kunyit untuk lambung juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan. 

Manfaat kunyit untuk lambung telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India. Di Indonesia, manfaat kunyit untuk lambung juga sering dikonsumsi dalam bentuk minuman tradisional.

BACA JUGA:

Kandungan antioksidan polifenol di dalam kunyit juga dapat mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung dan mengatasi gastritis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh luka pada lambung. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa mual, kembung, dan muntah.

Selain beberapa gangguan pada lambung di atas, kunyit juga telah digunakan sejak dulu untuk meredakan nyeri akibat radang sendi, melancarkan menstruasi, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memelihara fungsi hati.

Berikut Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Lambung

Mengurangi Peradangan Lambung

Jamu yang memiliki kandungan kunyit ini berfungsi sebagai anti-inflamasi alami yang dapat mengurangi peradangan pada lambung, membantu meringankan gejala seperti nyeri dan kembung.

1. Antioksidan Kuat

Menurut Turmericforhealth, kunyit bertindak sebagai agen antioksidan kuat dengan menetralkan radikal bebas berbahaya yang dihasilkan oleh sel-sel kekebalan sebagai akibat dari reaksi metabolisme normal serta paparan rangsangan eksternal yang berbahaya.

Kunyit memiliki sifat anti-oksidan kuat yang melindungi jaringan dari cedera pada GERD dan bisul dengan menangkal stres oksidatif. Oleh karena itu, ia dapat memainkan peran penting dalam mencegah terulangnya kondisi penyakit dan dalam mengurangi gejala yang terkait.

2. Memperkuat Lapisan Mukosa Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: