Viral ,Halaman Gereja di Malang Dipakai Sholat Id, Netizen: Indahnya Indonesia

Viral ,Halaman Gereja di Malang Dipakai Sholat Id, Netizen: Indahnya Indonesia

Potret warga Malang yang sholat Ied di halaman gereja-Foto: Instagram.com/@wibisono.ari-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh bertepatan pada hari ini, Rabu, 10 April 2024 dirayakan dengan penuh suka cita oleh seluruh umat muslim di dunia.

Umat muslim lantas berbondong-bondong melakukan Sholat Idul Fitri di masjid bahkan hingga ke lapangan terdekat. Namun, penampakan langka justru terlihat di salah satu spot Sholat Idul Fitri yang berada di Malang

Terlihat sekali momen toleransi antar umat beragama. Pasalnya, alih-alih berada di depan masjid, lapangan yang dijadikan lokasi sholat Ied untuk masyarakat sekitar tersebut justru berada di tepat depan halaman sebuah gereja.

Momen ini, terlihat dimana kerumunan masyarakat yang melakukan salat Ied di depan gereja itu diabadikan oleh seorang fotografer bernama Ari Wibisono, dan diunggah di akun Instagramnya, @wibisono.ari. ternyata, lokasi sholat Ied itu berada di depan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Malang. 

BACA JUGA:

“Malang Kota Penuh Toleransi dah Penuh Kedamaian, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” tulisnya dalam keterangan @wibisono.ari, dikutip pada Rabu, 10 April 2024.

Unggahan video shalat Ied warga di halaman depan gereja di Malang tersebut mendapatkan apresiasi dari netizen. Mereka kagum dengan penampakan salah satu bentuk tingginya toleransi antar umat beragama di Indonesia.  

Sementara di foto lain menunjukkan penampakan dari sudut yang berbeda. Di mana, masyarakat mengikuti kiblat arah Masjid Agung Jami yang menjadi lokasi utama mereka untuk sholat Ied. Sebenarnya, penampakan ini bukanlah sesuatu yang baru di sana. 

Pasalnya, momen tersebut menjadi salah satu tradisi momen kebersamaan umat beragama di Kota Malang yang bisa ditemui setiap tahunnya. Kebiasaan tersebut ada karena Masjid Agung Jami dan Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan berdekatan lokasinya.

Gereja dengan dinding berwarna coklat itu sendiri tampak berdiri gagah di belakang umat muslim yang tampak sedang begitu khusyu melaksanakan sholat Ied. Postingan potret shalat Ied warga di depan gereja di Malang itu lantas mendapat apresiasi dari netizen. 

BACA JUGA:

Banyak yang turut dibuat kagum dengan penampakan salah satu bentuk tingginya toleransi antar umat beragama di Indonesia itu.

“Kemarin takjil umat muslim di nasionalisasi oleh umat Nasrani. Sekarang rumah ibadah umat Nasrani. Simbol bahwa toleransi itu bisa dibawa santai dan asyik,” tutur @pu*****

“MasyaAllah,” timpal @fa****** 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: