Ini Makna dan Jawaban Taqabalallahu Minna Wa Minkum saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri, Jangan Sampai Salah

Ini Makna dan Jawaban Taqabalallahu Minna Wa Minkum saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri, Jangan Sampai Salah

Makna dan jawaban taqabalallahu minna wa minkum saat merayakan Hari Raya Idul Fitri--canva.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang akan dirayakan umat Islam sebentar lagi, merupakan momen yang tepat untuk saling memaafkan, mendoakan, dan memperkuat tali persaudaraan. 

Ucapan taqabalallahu minna wa minkum menjadi pengingat bahwa semua amal ibadah yang dilakukan adalah semata-mata karena Allah SWT.

Taqabalallahu minna wa minkum: kalimat ini sering diucapkan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ucapan ini sarat makna dan doa yang mendalam bagi umat Islam.

Ucapan taqabalallahu minna wa minkum merupakan doa yang sarat makna dan harapan, yang mencerminkan rasa syukur, pengakuan, harapan, dan persaudaraan di antara umat Islam. 

Menjawab doa taqabalallahu minna wa minkum ini dengan baik merupakan bentuk penghormatan dan doa balasan.

Lantas, apa makna dan jawaban taqabalallahu minna wa minkum saat merayakan Hari Raya Idul Fitri? Simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA:

Makna Taqabalallahu Minna Wa Minkum

Taqabalallahu Minna Wa Minkum berarti "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kalian semua."

Dikutip dari laman Gramedia, diketahui bahwa sejak zaman Rasulullah SAW, ucapan taqqabbalallahu minna wa minkum sudah menjadi hal yang lumrah diucapkan saat datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Mengutip dari ‘Kitab Fathul Bari‘ oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, doa taqabbalallahu minna wa minkum serta jawabannya sering diucapkan Rasulullah SAW bersama para sahabatnya.

Hal ini senada dengan salah satu hadis yang bunyinya: 

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya: “Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fitri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, taqabbalallahu minna wa minkum.”

Sementara ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘amin wa antum bikhair memiliki arti “semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.” 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: