Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Pelengkap Ibadah Umat Muslim

Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Pelengkap Ibadah Umat Muslim

Niat shalat Idul Fitri untuk imam dan makmum lengkap dengan tata cara pelaksanaan.--shutterstock

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Lebaran Idul Fitri atau yang biasa dikenal dengan Hari Raya merupakan momen yang penuh berkah bagi setiap umat Muslim. 

Sudah selayaknya umat Islam mengetahui amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri yang dianjurkan Rasulullah SAW sebagai pelengkap ibadah.

Sebagai umat Muslim, ada beberapa amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri yang dianjurkan Rasulullah SAW yang dapat menjadi pelengkap ibadah kita yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Dengan melaksanakan amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri yang dianjurkan Rasulullah SAW, kita dapat melengkapi ibadah dan mendapatkan berkah serta rahmat dari Allah SWT. 

Sebab, selain sebagai ajang untuk merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh, Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momen untuk memperbanyak kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Lantas, apa saja amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri yang dianjurkan Rasulullah SAW tersebut? Yuk, simak penjelasannya!

BACA JUGA:

1. Perbanyak Mengucap Takbir

Pertama-tama, perbanyaklah mengucap takbir sejak malam Hari Raya Idul Fitri tiba. Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk memperbanyak mengucap takbir hingga saat pelaksanaan shalat Idul Fitri. 

Dengan mengucap takbir, kita dapat mengingat dan memuliakan Allah SWT serta menyucikan hati dan jiwa kita sebelum bertemu dengan-Nya dalam ibadah shalat.

2. Mandi Sebelum Shalat Idul Fitri

Selain itu, mandilah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Rasulullah SAW menunjukkan contoh dengan mandi sebelum pelaksanaan shalat, baik mandi wajib maupun mandi sunnah. 

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

"Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."  (HR. Ibnu Majah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: