Kemenag Beri Tanggapan Soal Warga Gunung Kidul Gelar Soal Ied Hari Ini, Lebaran Duluan?

Kemenag Beri Tanggapan Soal Warga Gunung Kidul Gelar Soal Ied Hari Ini, Lebaran Duluan?

Jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul sudah melaksanaakn Sholat Ied untuk merayakan Idul Fitri 1445 H pada Jumat, 5 April 2024-Foto:Instagram-@memomedsos

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan tanggapan terkait ramainya pemberitaan tentang ratusan jamaah Masjid Aolia, Gunung Kidul yang sudah menggelar Sholat Ied hari ini, Jumat 5 April 2024.

Berdasarkan keputusan pemerintah, hari raya Idul Fitri 1445 H jatuh pada tanggal 10 April 2024. Dimana masih ada kurang dari 1 minggu lagi untuk melaksanakan Sholat Ied.

Menurut Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Wilayaha Kementerian Agama DIY, Jauhar Mustofa mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi secara terperinci dengan Direktur Urais Kementerian Agama RI.

BACA JUGA:Rencana Pembangunan Beach Club Raffi Ahmad di Gunung Kidul Tuai Kritik, Pengamat: Jangan Cuman Ambil Untung!

BACA JUGA:Tren Warna Baju Lebaran untuk Couple di 2024, Bagi Remaja maupun Dewasa

Dalam komunikasi tersebut, Urais dengan Kemenag membahas soal perayaan Lebaran yang dilakukan oleh ratusan jemaah Masjid Aolia yang lebih cepat dari waktu penetapan pemerintah.

Diketahui bahwa para jemaah Masjid Aolia tidak mengikuti jadwal pelaksanaan awal puasa bersamaan dengan jadwal pemerintah.

Disebutkan bahwa mereka sudah mulai menjalani puasa pada tanggal 7 Maret 2024, dan kejadian pelaksanaan Sholay Ied yang lebih cepat dilakukan oleh para jemaah tersebut pernah terjadi pada tahun 2023 lalu.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa jemaah Masjid Aolia Gunung Kidul merupakan kelompok dari Raden Ibnu Hajar Pranolo (Mbah Benu) yang dalam kepercayaannya mempunyai prinsip tersendiri untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Sebeumnya, masyarakat dihebohkan dengan tayangan video yang dilakukan oleh ratusan warga Gunung Kidul yang sudah mulai menggelar Sholat Ied di media sosial.

Tayangan video tersebut viral dan tersebar di berbagai akun hingga mengundang perhatian serta komentar dari para pengguna.

Seperti video yang diunggal oleh salah satu akun media sosial Instagram @memomedsos menayangkan sebuah masjid yang sudah dipenuhi dengan jemaah baik perempuan maupun laki-laki.

Dari keterangan yang disampaikan pada postingan tersebut disebutkan para jemaah yang sudah memenuhi Masjid Aolia Gunung Kidul tersebut akan melaksanakan Sholat Ied untuk merayakan Idul Fitri 1445 H.

Warganet yang menyaksikan video tersebut langsung memberikan komentar. Sebab pada umumnya Idul Fitri 1445 H baru akan terjadi pada Rabu, 10 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: