Cara Membuat Ketupat yang Padat dan Tidak Mudah Basi, Langsung Praktik untuk Lebaran Bun!

Cara Membuat Ketupat yang Padat dan Tidak Mudah Basi, Langsung Praktik untuk Lebaran Bun!

Cara membuat ketupat yang padat dan tidak mudah basi--YouTube Arfiani Yanuar

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Lebaran identik dengan hidangan khasnya, salah satunya ketupat. ketupat yang padat dan tidak mudah basi serta pulen menjadi pelengkap hidangan opor, rendang, dan sambal goreng ati yang lezat.

Membuat ketupat yang padat dan tidak mudah basi sendiri di rumah memang membutuhkan waktu dan kesabaran. 

Namun, jangan khawatir, Bun! Berikut ini tips mudah cara membuat ketupat yang padat dan tidak mudah basi yang bisa menjadi panduan untuk kamu ikuti.

Dengan cara membuat ketupat yang benar, dijamin ketupat akan menjadi padat dan tidak mudah basi. Selain itu, proses membuat ketupat juga menjadi lebih praktis dan efisien. 

Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara membuat ketupat yang padat dan tidak mudah basi ini untuk menyemarakkan suasana Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

BACA JUGA:

Dikutip Radarpena dari YouTube Arfiani Yanuar, inilah resep dan cara membuat ketupat agar padat dan tidak mudah basi.

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras pulen
  • 10 ketupat ukuran sedang 
  • 1 sdt garam 
  • Secukupnya air untuk merebus 

Cara Membuat:

1. Siapkan air dalam wadah/baskom. Rendam semua ketupat ke dalam air tersebut selama 10 menit. Hal ini berfungsi supaya hasil ketupatnya nanti tidak berubah menjadi warna merah.

2. Setelah 10 menit kemudian, angkat dan tiriskan.

3. Cuci beras hingga bersih. Catatan: jika menggunakan beras perak, perlu direndam dulu berasnya selama kurang lebih 20 menit. 

4. Isi ketupat dengan beras: buka bagian salah satu ujung ketupat, isi beras menggunakan sendok hingga terisi setengah bagian ketupat saja.

5. Lalu selipkan bagian ujung lainnya agar tidak tercecer. Lakukan hingga semuanya habis. Jika sudah, ikat simpul semua ketupat menjadi satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube arfiani yanuar