Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga Dilengkapi dengan Bacaan Arab, Latin Beserta Artinya

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga Dilengkapi dengan Bacaan Arab, Latin Beserta Artinya

Niat zakat fitrah-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim saat bulan suci Ramadhan. Besaran membayar Zakat fitrah dapat berupa beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Membayar zakat fitrah dalam bentuk uang juga dibolehkan, setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Jika ingin ditunaikan dalam bentuk uang, zakat fitrah harus menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Mengutip dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI) Digital, terdapat dua syarat yang harus dipenuhi ketika membayar zakat fitrah, yakni berniat dan memberikan zakat kepada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat (mustahiq).

Adapun kedelapan golongan mustahiq tersebut yakni fakir, miskin, budak, orang yang terlilit utang, mualaf, fisabilillah, ibnu sabil (orang yang sedang dalam perjalanan tapi kehabisan bekal), dan juga amil zakat.

BACA JUGA:

Hal tersebut dijelaskan dalam surat At-Taubah ayat 60, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana."

Tujuan dari zakat fitrah ini adalah untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan, serta sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia.

Bagi muslim yang akan menunaikan zakat, dapat membaca niat zakat fitrah berikut ini.

Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri 'an nafsi fardhan lillahi ta'ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala."

 

Niat Zakat Fitrah untuk Seluruh Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: