5 Tips Sehat Saat Bulan Puasa, Jaga Badan Tetap Bugar dan Bersemangat

5 Tips Sehat Saat Bulan Puasa, Jaga Badan Tetap Bugar dan Bersemangat

Ini tips sehat dan bugar selama puasa--freepik.com

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Di bulan Ramadhan umat Muslim saling berlomba dalam kebaikan.

Namun terkadang efek berpuasa membuat kita merasa lebih lemas dan kurang bersemangat.

Memasuki bulan Ramadhan, tidak hanya hati yang dipersiapkan untuk beribadah, namun juga fisik yang kuat untuk mendukung dalam beribadah.

Ada banyak tips sehat selama puasa di bulan Ramadhan yang bisa diikuti untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Beberapa tips sehat puasa di bulan Ramadhan berikut ini, akan membantu tubuh tetap bugar dan produktif meski sedang berpuasa. Tidak hanya itu, ketika dilakukan dengan teratur dan disiplin, beberapa tips puasa berikut ini juga akan membantu menurunkan berat badan.

 

1. Jangan Lewatkan Sahur

Jangan sampai puasa jadi alasan badan lemas dan ngga produktif. Maka kuncinya jangan lewatkan jam makan sahur, karena tubuh akan mendapat energi dari makanan saat sahur.

Ada beberapa tips sahur yang bisa bikin badan lebih berenergi yaitu, 

Pertama, mengakhirkan sahur, dengan kata lain jangan sahur tertalu cepat. Kamu bisa mulai sahur ketika mendekati jam imsak. 

Dengan catatan perkirakan berapa lama biasanya kamu perlu waktu untuk menghabisakan makanan. Sehingga bisa tetap menikmati santapan sahur tanpa harus terburu-buru.

Kedua, usahakan sahur dengan menu makanan kaya serat dan gizi seimbang. Penting memperhatikan menu makanan saat sahur, karena santapan sahur ini akan menjadi bekal energi untuk seharian beraktifitas saat berpuasa.

pilihlah menu dengan gizi seimbang lengkap dan kaya serat. Ketika sahur memang lebih mudah menyiapkan makanan praktis yang nggak ribet, jadi kamu bisa memilih menu seperti sandhwich dari roti gandum dengan isian telur dan sayur, atau kreasi oatmeal dengan buah dan susu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: