Bolehkah Ibu Hamil Tidak Berpuasa? Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Bolehkah Ibu Hamil Tidak Berpuasa? Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Selama bulan suci Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat mengatakan memperbolehkan ibu hamil tidak menjalankan ibadah puasa dan diganti dengan qadah.--Youtube

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjelang bulan suci Ramadhan 2024, Ustaz Adi Hidayat memberikan penjelasan tentang hukum berpuasa untuk perempuan yang sedang mengandung atau hamil.

Terkadang hal ini masih muncul dalam pertanyaan beberapa orang di kalangan masyarakat. Untuk itu perlu disimak penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat agar bisa mendapat kepastian yang tepat.

Berikut ini penjelasan mengenai hukum tidak menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan untuk ibu hamil.

BACA JUGA:8 Ide Kegiatan di Bulan Ramadhan yang Bisa Dilakukan agar Puasa Terasa Lebih Menyenangkan

BACA JUGA:6 Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa: Salah Satunya Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa setiap umat muslim yang beriman, baik muslim laki-laki dan muslim perempuan hukumnya wajib untuk menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan ada keringanan untuk beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa selama bulan suci Ramadhan.

Adapun salah satu kategori yang diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa adalah seorang ibu yang sedang mengandung atau hamil.

Hal tersebut dilihat terkait pentingnya keselamatan bagi anak yang sedang dikandung oleh ibunya

Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa meskipun secara fisik kondisi ibu yang sedang mengandung terlihat sehat, namun kehamilannya adalah kondisi yang dianggap sakit.

Keringan tersebut juga selaras dari pandangan beberapa ulama yang mengizinkan untuk ibu hamil tidak menjalankan puasa.

Sebab sang ibu harus memperhatikan kesehatan diri dan bayi yang berada di dalam kandungannya. Sehingga atas dasar keselamatan tersebut, dirinya bersama beberapa ulama berpandangan bahwa diperbolehkan untuk ibu hamil untuk tidak berpuasa selama bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA:Hukum Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad

BACA JUGA:Jelang Ramadhan 2024, Intip 6 Tips Cegah Makan Berlebihan saat Buka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: