Jelang Ramadhan 2024, Intip 6 Tips Cegah Makan Berlebihan saat Buka Puasa

Jelang Ramadhan 2024, Intip 6 Tips Cegah Makan Berlebihan saat Buka Puasa

Doa sahur dan buka puasa Ramadhan--Pexels.com/Thirdman

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Makan berlebihan saat buka puasa Ramadhan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kenaikan berat badan, dan masalah kesehatan lainnya. 

Namun, saat buka puasa Ramadhan tiba, seringkali kita tergoda untuk makan berlebihan, sehingga ketika waktu sahur tiba, kita merasa kenyang yang berlebihan dan sulit menjalani puasa dengan lancar. 

Memang salah satu ibadah yang sangat penting dilakukan selama bulan Ramadhan adalah puasa. Puasa Ramadhan bukan hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum selama waktu tertentu, tetapi juga mengajarkan kesabaran, kontrol diri, dan belajar bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berusaha cegah makan berlebihan saat buka puasa Ramadhan tiba. 

Berikut ini adalah beberapa tips cegah makan berlebihan saat buka puasa Ramadhan 2024, seperti dikutip Radarpena dari Beauty Journal:

BACA JUGA:

1. Awali dengan Penuhi Asupan Cairan

Saat berbuka puasa, sebaiknya kita awali dengan minum air putih atau minuman yang segar dan tidak mengandung gula tambahan. 

Mengonsumsi cairan terlebih dahulu dapat membantu mengendalikan nafsu makan kita dan membuat perut terasa lebih kenyang.

2. Mulai dengan Makanan yang Manis

Makanan yang manis biasanya memiliki rasa yang lebih menggugah selera makan. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah berbuka puasa dengan mengonsumsi buah-buahan segar atau kurma. 

Buah-buahan mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kaya akan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

3. Pilih Makanan yang Mudah Dicerna

Pilihlah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh kita seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, daging tanpa lemak, atau ikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: