Jarang Disadari, Inilah Penyebab Defisiensi Vitamin D pada Tubuh

Jarang Disadari, Inilah Penyebab Defisiensi Vitamin D pada Tubuh

Penyebab defisiensi vitamin Ddefisiensi terkait radiasi UVB dan defisiensi terkait kondisi medis/fisik--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Vitamin D kadang-kadang disebut vitamin sinar matahari karena tubuh Anda membuatnya dari kolesterol saat kulit Anda terkena sinar matahari.

Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam berfungsinya tubuh Anda, termasuk kesehatan tulang dan kekebalan. Bahkan dapat membantu mencegah kanker dan melindungi terhadap beberapa kondisi kronis, termasuk:

  • pengeroposan tulang
  • depresi
  • diabetes tipe 2
  • penyakit jantung
  • sklerosis ganda

BACA JUGA:10 Manfaat Vitamin B12 Bagi Fungsi Tubuh: Salah Satunya Baik untuk Sistem Saraf

BACA JUGA:8 Vitamin Peredam Komplikasi Diabetes dan Gula Darah Tinggi

Defisiensi vitamin D biasanya didefinisikan sebagai kadar vitamin D dalam darah di bawah 20 ng/mL, sedangkan kadar 21–29 ng/mL dianggap tidak mencukupi. Kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan 1.500–2.000 unit internasional (IU) vitamin D setiap hari.

Namun, kekurangan vitamin D adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum terjadi di seluruh dunia. 

Faktor Penyebab Defisiensi Vitamin D

Kekurangan vitamin D, menurut Harvard’s School of Public Health, sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia tidak mendapatkan cukup vitamin D.

Orang dengan warna kulit lebih gelap berisiko lebih tinggi mengalami defisiensi vitamin D. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan tulang terhambat atau buruk.

Osteoporosis, yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan vitamin D, dapat menyebabkan tulang keropos dan rapuh sehingga mudah patah.

Faktor penyebab defisiensi vitamin D dapat dibedakan menjadi dua: defisiensi terkait radiasi UVB dan defisiensi terkait kondisi medis/fisik yaitu:

1. Defisiensi terkait UVB

Lansia

Penyebab utama defisiensi vitamin D pada lansia yaitu menurunnya jumlah 7-dehidrokolesterol di kulit yang merupakan prekursor sintesis vitamin D dengan bantuan UVB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: