'Diet Atlantik', Pinggang Jadi Ramping dan Tingkat Kolesterol Tetap Terkendali

'Diet Atlantik', Pinggang Jadi Ramping dan Tingkat Kolesterol Tetap Terkendali

Mengenal Metode Diet ATlantik yang masuk dalam daftar puncak metode diet terbaik--freepik.com

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Begitu banyak cara untuk menjaga kesehatan.

Salah satunya adalah dengan melakukan diet atlantik.

Apa itu Diet Atlantik?

Hal itu adalah sebuah cara tradisional yang banyak diterapkan di barat laut Spanyol dan Portugal utara.

 

Pola makan yang dilakukan adalah mengonsumsi ikan dan makanan laut, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, buah-buahan kering (chesnut apalagi), susu, keju serta asupan daging dan anggur dalam jumlah sedang.

Diet tersebut dikatakan bisa membantu mengurangi lemak perut dan meningkatkan kaar kolesterol baik, HDL.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di JAMA Network Open pada awal Februari 2024, peneliti mengikuti lebih dari 200 keluarga dari komunitas pedesaan Spanyol di A Estrada dari Maret 2014 hingga Mei 2015. 

Ditemukan sebanyak 121 keluarga diarahkan untuk mengikuti pola makan Atlantik, sedangkan 110 keluarga tetap mengonsumsi pola makan khasnya.

BACA JUGA:

 

Para pelaku diet Atlantik mempelajari pola makan baru mereka selama tiga sesi pendidikan dan menerima dukungan tambahan seperti kelas memasak, materi tertulis, dan sekeranjang makanan.

Para peneliti di Spanyol juga mengukur lingkar pinggang, kadar trigliserida, kadar kolesterol HDL, tekanan darah, dan kadar glukosa puasa. 

Hal-hal tersebut adalah lima faktor penyebab sindrom metabolik, sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: