Tips Efektif Minum Kopi untuk Bantu Turunkan Berat Badan Secara Ideal, Terbukti Ampuh!

Tips Efektif Minum Kopi untuk Bantu Turunkan Berat Badan Secara Ideal, Terbukti Ampuh!

Ilustrasi kopi hitam yang baik untuk kesehatan.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kopi dikenal mampu menurunkan berat badan asalkan diminum dengan cara yang tepat. Bagaimana cara minum Kopi yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Meski bukan solusi cepat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi memang bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet dan mengelola berat badan seseorang. Hal ini didapat berkat kandungan kafeinnya. 

Saat ini, minum kopi bisa dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti susu, krimer, hingga sirup perasa. Hal ini menyebabkan banyak orang menganggap bahwa minum kopi justru bisa bikin berat badan naik.

Ahli Diet Klinis di Montefiore Medical Center, Adriana Sobel, menjelaskan bahwa kopi bisa digunakan untuk menurunkan berat badan asalkan memperhatikan bahan-bahan yang ditambahkan pada minuman.

BACA JUGA:

Lantas, bagaimana sih cara mengonsumsi kopi yang tepat untuk mendapatkan manfaat tersebut? Kamu bisa menikmati secangkir kopi dengan beberapa cara di bawah ini.

Minum kopi pada waktu tertentu

Kopi paling baik dikonsumsi pada pukul 10.00-15.00. Setelah pukul 15.00 sore, minum kopi tak lagi dianjurkan karena dapat membuat kamu sulit tidur di malam hari. Bukannya manfaat diet kopi yang didapat, melainkan insomnia di malam hari yang justru bisa mengganggu kesehatan. Insomnia pun berpotensi meningkatkan berat badan. 

Tambahkan bubuk kayu manis

Kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis untuk memberikan manfaat lebih pada secangkir kopi. Seperti dikutip dari Times of India, paduan kafein dan antioksidan dari kayu manis akan mendorong penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Racikannya sederhana, cukup siapkan secangkir kopi hitam panas, lalu tambahkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis.

Jenis kopi

Kopi light roast cenderung lebih kaya akan antioksidan polifenol daripada roasting medium atau dark. Oleh karena itu, kopi light roast lebih bagus untuk Anda yang sedang diet. Selain itu, pilihlah kopi hitam tanpa tambahan apa pun. Anda dapat membeli biji kopi utuh, lalu menggilingnya sendiri di rumah menggunakan coffee grinder. Minum kopi tanpa gula dapat membantu Anda dalam membatasi asupan kalori berlebih ke dalam tubuh. Jika Anda khawatir mengenai kandungan pestisida pada kopi, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli biji kopi organik.

BACA JUGA:

Tidak diminum untuk memulai hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: