KKB Papua Tembaki Pesawat Wings Air yang Akan Mendarat di Dekai, Satu Orang Terluka

KKB Papua Tembaki Pesawat Wings Air yang Akan Mendarat di Dekai, Satu Orang Terluka

KKB tembaki pesawat Wings Air yang akan mendarat di Dekai, Papua, Sabtu, 17 Februari 2024.-Foto: Instagram.com/@brybry_spots-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pesawat Wings Air dilaporkan ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), saat hendak mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabuapten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Sabtu, 17 Februari 2024. 

"Benar, ada insiden penembakan terhadap pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan PK-WJT dan saat ini pesawat tersebut masih berada di Dekai," kata Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto di Jayapura, Papua, Sabtu, 17 Februari 2024.

Sehari sebelumnya, penembakan juga menimpa pesawat milik Asean Air di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengakui, penembakan terhadap pesawat Asean Air dengan kode penerbangan PK-LTF terjadi pada Jumat pagi, 16 Februari 2024.

BACA JUGA:

Pesawat Asean Air ditembak saat hendak mendarat di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. "Penembakan yang dilakukan KKB itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Jumat.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke Asep K. Samapta menjelaskan nomor penerbangan yang mengalami insiden tersebut adalah PK-WJT dengan jenis pesawat ATR 72-600. Adapun, peristiwa penembakan terjadi pada pukul 04:17 UTC. 

"Terdapat satu orang penumpang yang mengalami luka ringan dikarenakan terkena serpihan cabin," katanya, Sabtu, 17 Februari 2024. Dia menuturkan saat ini telah dilakukan penyisiran oleh pihak Satgas, TNI, dan kepolisian setempat. 

Pihaknya akan menyiapkan edaran kewaspadaan, dan akan melakukan posko monitoring secara intensif. Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni menyampaikan telah memberikan arahan kepada maskapai penerbangan yang beroperasi di Wilayah Kerja Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke untuk lebih waspada dan hati-hati.

“Saya imbau kepada maskapai yang beroperasi khususnya pada rute-rute yang sering terjadi gangguan keamanan dan keselamatan penerbangan, agar waspada dan berhati-hati,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Dari laporan yang diterima, pesawat yang membawa penumpang dari Timika itu, setelah menurunkan penumpangnya langsung terbang kembali ke Timika.

Setelah dilakukan pengecekan guna memastikan badan pesawat yang terkena tembakan, pesawat dengan kode penerbangan PK-LTF terbang kembali ke Timika, Kabupaten Mimika.

"Pesawat tersebut terbang kembali ke Timika tanpa membawa penumpang," tegas Kapolda Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: