Di Balik Ucapan Gong Xi Fat Cai, Saat Imlek Terselip Harapan dan Doa, Agar Selamat Kaya dan Makmur

Di Balik Ucapan Gong Xi Fat Cai,  Saat Imlek Terselip Harapan dan Doa, Agar Selamat Kaya dan Makmur

Ucapan Gong Xi Fa Cai yang bermakna semoga selamat kaya dan mendapat kemakmuran Foto : Radar Palembang - Disway --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID- Saat Imlek tiba atau tahun baru China datang, kita akan lazim mendengar ucapan Gong Xi Fa Cai. Bagi Etnis Tionghoa ucapan tersebut sudah tentu mereka mengetahui arti dan maknanya.

Tetapi mungkin saja, bagi etnis di luar Tionghoa tidak mengetahui maksud dan makna yang terkandung di balik ucapan yang sangat baik itu. 

Jika ditelusuri dari berbagai sumber kata Gong Xi fa Cai memiliki makna yang luhur mengandung harapan dan doa bagi yang mengucapkan saat memasuki tahun baru.

Seperti yang kita ketahui di negeri leluhur mereka, Perayaan Imlek adalah suatu perayaan menyambut pergantian tahun baru bagi Kalender China.

Perayaan tersebut tepat dengan terjadinya musim semi di daratan China yang artinya semuanya tumbuh. Semi dalam Bahasa Indonesia berarti semuanya bersemi , semua tumbuh, semuanya hidup, seperti tanam-tanaman dan bunga-bunga yang bersemi.

Bisa dibayangkan betapa bahagia dan cerianya musim itu, saat semua alam dan sekitarnya bersemi menyambut tahun baru.

Kembali ke arti Gong Xi Fa Cai memiliki makna, semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan dan kemakmuran di tahun baru.

Ucapan Gong Xi Fa Cai tidak merujuk kepada ucapan selamat tahun baru, karena dalam Bahasa Mandarin mengucapkan tahun baru itu Xin Nian Kuai Le yang artinya selamat tahun baru riang dan gembira.

Berdasarkan sejarahnya dahulu di China, sering dilanda musim dingin, sehingga masyarakat disana sering mengucapkan Gong Xi yang berarti selamat. 

Artinya saat melewati musim dingin dengan selamat maka ramai-ramai masyarakat Tionghoa akan mengucapkan Gong Xi yang berarti sudah selamat dan selamat melewati musim dingin yang berat di hadapi sehari-hari tersebut. 

Itu dikarenakan pada masa dahulu, saat musim dingin tiba di China, musim berdampak pada bencana kelaparan dan kematian, sehingga dengan mengucapkan Gong Xi artinya selamat.

Selanjutnya kehidupan masyarakat Tionghoa yang membaik seiring berjalannya waktu, harapan pun ikut berkembang. Sampai akhirnya etnis ini kerap dikaitkan dengan kekayaan dan orang-orang yang sukses dalam berbisnis  sehingga mereka sangat menghargai uang.

Sehingga berikutnya ucapan ini ditambah dengan kata-kata Fa Cai yang berarti kaya dan makmur. Arti Gong Xi Fa Cai mulai diketahui banyak orang dan banyak pula orang yang mengucapkan ini. 

Betapa masyarakat Etnis Tionghoa sangat menghargai uang, lantaran dahulu mereka, selalu hidup dalam keadaan penuh penderitaan. Bencana selalu terjadi di daratan yang terkenal dengan sebuah sungai yang sangat panjang dan besar yang dinamakan sungai Kuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: