Respon Presiden Jokowi Soal Mahfud MD Mundur Kabinet: Itu Hak, Saya Menghargai

Respon Presiden Jokowi Soal Mahfud MD Mundur Kabinet: Itu Hak, Saya Menghargai

Presiden RI Joko Widodo.-Foto: Instagram.com/@jakut_info-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Presiden Joko Widodo (Jokowi), merespon soal rencana menterinya yang ingin mengundurkan diri.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menanggapi dan menurutnya, itu adalah hak dan karenanya ia menghargai keputusan Mahfud MD yang ingin mengundurkan diri sebagai jabatan Menkopolhukam.

"Itu hak, saya sangat menghargai," ujar Jokowi di Klaten, Jawa Tengah, Rabu, 31 Januari 2024.

Kendati demikian, kepala negara mengaku belum mendapatkan laporan terkait hal tersebut. Lebih lanjut, Jokowi memastikan kabinet tetap terjaga meskipun ada pengunduran Mahfud.

BACA JUGA:

"Sejauh ini saya belum mendapatkan laporan ya. Sangat solid (kabinet)," imbuh Jokowi sambil berlalu pergi. 

Jokowi bersama rombongan tiba di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro sekitar pukul 14.18 WIB. Turut mendampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin, menteri PU, Basuki Hadi Mulyono, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi dan sejumlah pejabat.

Jokowi setelah menyapa warga yang antre pelayanan, langsung naik lift. Setelah selesai Jokowi sempat berfoto-foto bersama masyarakat dan membagikan kaos.

Sebelumnya diberitakan, Mahfud MD memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam. Mahfud telah menyiapkan surat pengunduran diri yang akan disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi, Mahfud mengungkapkan bahwa dirinya diangkat oleh Jokowi dengan cara yang terhormat. Karenanya ia juga akan pamit dengan cara yang baik.

"Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati, maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu. Saya akan pamit baik-baik," ujar Mahfud di Lampung, Rabu, 31 Januari 2024.

BACA JUGA:

Kemudian, Mahfud menyampaikan bahwa surat pengunduran dirinya akan ia serahkan langsung begitu ada jadwal bertemu dengan presiden Jokowi.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memperkirakan ia bisa bertemu dengan Jokowi pada Kamis, 1 Februari 2024 besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: