Haul Guru Sekumpul ke-19 Dihadiri Jutaan Orang dari Luar Pulau hingga Luar Negeri

Haul Guru Sekumpul ke-19 Dihadiri Jutaan Orang dari Luar Pulau hingga Luar Negeri

Jemaah haul Guru Sekumpul ke-19 tampak berjalan menuju tempat acara, Minggu 14 Januari 2024-Foto : Facebook -

BANJAR, RADARPENA.CO.ID- Jutaan jemaah mengikuti Haul ke-19 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau bisa disebut Guru Sekumpul, Martapura, Kalimantan Selatan, Minggu 14 Januari 2024 malam. 

Menurut Kapolres Banjar, AKBP Muhammad Ifan Hariyat, dari data provider seluler yang menggunakan HP selama acara berlangsung ada sekitar 3,3 orang. 

Menurut Kapolres, jutaan jemaah haul itu bukan hanya dari Kabupaten Banjar dan Provinsi Kalimantan Selatan tetapi ada warga juga dari luar Pulau Kalimantan hingga luar negeri.

BACA JUGA:Larangan hingga Amalan yang Dianjurkan Selama Bulan Rajab: Hindari Riya dan Perbanyak Sedekah!

Kapolres Ifan menuturkan jumlah jemaah memang jutaan orang, tetapi prosesi haul berjalan tertib dan tanpa hambatan yang berarti, serta tidak ada kejadian yang menonjol sejak awal hingga haul berakhir.

"Alhamdulillah, rangkaian haul Guru Sekumpul berjalan aman, tertib dan lancar tanpa hambatan berarti serta tidak ada kejadian menonjol yang mengganggu kekhusyukan jutaan jamaah yang hadir," ucapnya.

Ifan menyebut selain jemaah yang mencapai 3 juta lebih, jumlah bus dan kendaraan roda empat maupun roda dua juga cukup banyak, yakni mencapai 601 bus pada 150 titik yang tersebar di berbagai tempat.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Paham, Begini Cara Mudah Ubah Tarif Listrik Non Subsidi Jadi Subsidi, Mudah Kok! Cek di Sini

Jumlah kendaraan roda empat dari 196 titik parkir sebanyak 151.119 unit, kemudian motor 1,2 juta dan kapal maupun perahu bermesin atau kelotok sebanyak 533 unit yang sandar pada sejumlah dermaga. 

"Jumlah kendaraan sesuai hasil pendataan yang dilakukan Dinas Perhubungan secara manual dan dihitung sesuai masuk kendaraan ke kantong-kantong parkir yang sudah disediakan di berbagai titik," katanya.

BACA JUGA:Carok di Bangkalan Tewaskan 4 Orang, Apa Itu Carok?

BACA JUGA:Fakta-Fakta Tragedi Carok Maut di Bangkalan, Terungkap Identitas Korban hingga Motif

Seusai proses haul yang diawali salat Magrib berjemaah dan Isya, kendaraan jemaah memenuhi jalan utama Sekumpul maupun Jalan Jenderal Ahmad Yani arah Banjarbaru dan kawasan Hulu Sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: