Pengamat: Debat Capres - Cawapres Bisa Jadi Game Changer Ganjar dan Anies, Prabowo Bakal Blunder

Pengamat: Debat Capres - Cawapres Bisa Jadi Game Changer Ganjar dan Anies, Prabowo Bakal Blunder

Wasisto menyebut pelaksanaan debat ini tak akan terlalu berdampak signifikan pada elektabilitas maupun raihan suara paslon.

Sebab, tak semua kalangan pemilih akan menyimak acara debat tersebut.

Apalagi, lanjut dia, para pemilih yang berasal dari kalangan menengah atau menengah ke bawah.

Dibanding menyaksikan adu gagasan dan ide, mereka lebih menunggu solusi konkret yang bisa diberikan para paslon.

"Bagi segmen pemilih menengah atau menengah ke bawah mungkin debat itu tidak terlalu penting karena memang yang mereka lihat kan bukan pertarungan ide sehingga nanti bisa dihasilkan konklusi, tapi kalau pemilih dengan latar belakang menengah atau menengah ke bawah itu langsung mengarah pada intinya atau to the point," tutur Wasisto.

Kendati demikian, Wasisto mengamini jalannya debat Pilpres nanti bisa berpengaruh pada migrasi suara para pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Namun, kata dia, lagi-lagi hal ini akan tergantung bagaimana para paslon beradu gagasan dan ide saat debat.

"Tergantung pada jalannya debat nanti dan substansi narasi yang disampaikan tiap paslon, kalau itu mereka rasa representatif dan realistis, tentu ada potensi migrasi suara tambahan," kata Wasisto.

Sementara itu debat capres 2024 pertama akan dilaksanakan hari ini pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung di TVRI dan RRI.

Debat perdana ini membahas tema "Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga".

Jadwal lengkap debat capres dan cawapres 2024

Berikut jadwal lengkap debat capres cawapres 2024 serta daftar stasiun tv-radio yang menayangkan debat capres cawapres 2024.

1.  Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023

Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Tayang: TVRI dan RRI

BACA JUGA:

2.  Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023

Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: