Pembangunan Jalan Tol di Sumatera Barat Hampir Selesai, Prospek: Tol Terpanjang di Indonesia

Pembangunan Jalan Tol di Sumatera Barat Hampir Selesai, Prospek: Tol Terpanjang di Indonesia

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pejabat pemerintah di Sumatera Barat terus berjuang untuk mensukseskan ataupun meyakinkan warganya tentang manfaat jalan tol di daerah Sumatera Barat.

Terkait, kabar pembangunan mega proyek jalan tol trans Sumatera yang sebagian besar luasnya berada di provinsi Sumatera Barat serta sebagian berada di provinsi Riau yaitu ruas jalan tol Pekanbaru Padang.

Di mana Tol Padang Pekanbaru yang terletak di kota Padangpanjang lalu terus menyerang jurang di Ngarai Sianok Kota Bukittinggi serta bersambung dengan Kelok 9 di Payakumbuh.

Adapun pembangunan terowongan pada jalan tol yang akan menembus Bukit Barisan Pulau Sumatera tersebut merupakan terowongan tol yang diklaim akan menjadi terowongan tol terpanjang di Indonesia.

BACA JUGA:

Tol ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang ke Pekanbaru dari 9 jam dibanding jalan arteri. Waktu tempuh menjadi sekitar 3 jam di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa terowongan dipakai untuk menghemat rute karena tidak memakai terowongan akan lebih panjang 11 KM.

Tidak hanya memangkas waktu perjalanan jalan tol ini akan membuka konektivitas antar wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik.

Selain itu tol ini akan menghubungkan dua pelabuhan laut yang berada di Padang dan Dumai Riau serta akan mengefisienkan mobilitas orang dan barang.

Saat ini pembangunan tol telah menunjukkan progres yang signifikan. Bahkan ruas jalan tol Pekanbaru Bangkinang mencapai progres yang lebih baik dari keseluruhan rute fedder tol Pekanbaru Padang, berbeda dengan seksi Padang Sicincin yang mengalami sekelumit permasalahan mulai dari pembebasan lahan yang tak kunjung usai.

Dikutip dari salah satu sumber badan pengatur jalan tol atau BPJT menargetkan seluruh jalan tol tran Sumatera atau JTTS telah memulai konstruksinya paling lambat pada tahun 2024.

Adapun pembangunan jalan tol trans Sumatera tersebut dibagi dalam empat tahap pengerjaan. Adapun untuk tahap pertama adalah ruas jalan tol yang saat ini sedang tahap konstruksi lalu kemudian tahap 2 berada dijalur utama.

BACA JUGA:

Diantaranya adalah ruas jalan tol Betung Tempino Jambi, Jambi Rengat dan Rengat Pekanbaru untuk tahap 3 saat ini tengah dalam tahap penyiapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: