Heboh! Seorang Pemuda Kepergok Maling Rokok, Nekat Naik ke Atap Rumah Warga Pura-pura Jadi ODGJ

Heboh! Seorang Pemuda Kepergok Maling Rokok, Nekat Naik ke Atap Rumah Warga Pura-pura Jadi ODGJ

Seorang pria kepergok mencuri rokok nekat naik ke atap rumah warga dan pura-pura jadi ODGJ.--instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seorang maling kepergok naik ke atap rumah warga di Lorong Sadar, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang, Sumatera Selatan. Pelaku yang yang terpojok tersebut berpura-pura menjadi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan melempari warga dengan seng. 

Pemilik warung, Rustity F. Baity (65) menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, katanya, ia sedang berada di lantai atas rumahnya di Jalan Ryacudu, Lorong Sadar, Kelurahan 8 Ulu, Kecamatan SU I, Palembang pada Senin, 19 Agustus 2024. 

"Benar, tadi ada maling masuk ke warung rumah saya. Saat ketahuan, dia kabur ke atap dan pura-pura jadi ODGJ sambil lempar-lempar seng," ungkapnya dalam keterangan pada Senin, 19 Agustus 2024. 

Rustity menjelaskan, keberadaan maling tersebut pertama kali diketahui oleh cucunya. Saat dipergoki, katanya, pelaku atas nama Nadi (21) hendak mengambil rokok di warungnya.

BACA JUGA:

"Cucu saya teriak katanya ada orang. Ternyata, itu maling mau ambil rokok," katanya.

Pelaku, ujar Rustity, kemudian kabur dengan membobol atapnya yang terbuat dari seng. Menurutnya, dia naik ke atas dengan membawa sarung milik cucunya.

"Saat sudah di atas, ternyata di luar sudah ramai warga. Karena itulah, dia pura-pura jadi ODGJ dan berlarian di sekitar atap warga," ungkapnya.

Rustity mengatakan, pelaku kemudian merusak seng rumahnya dan warga sekitar. Seng tersebut dia gunakan untuk melempari warga.

"Atap saya bobol dia (Nadi) rusak untuk dilempar ke warga. Alhamdulillah semua aman, bunga saya banyak yang rusak (kena lemparan)," jelasnya.

Setelah berlarian, Rustity menyebut Nadi terjatuh dari atap hingga badannya tergores penuh luka. Dia bersama Ketua RT pun langsung membawa pelaku ke Mapolrestabes Palembang untuk diproses secara hukum.

"Kami langsung bawa ke polisi, minta jangan sampai dihajar massa. Karena (Nadi) banyak luka, jadi tadi sempat diobati di RS Bari," imbuhnya.

Saat diamankan polisi, Nadi mengaku hanya berniat mengambil rokok. Warga Desa Berkat, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut juga mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian.

"Tadi saya naik angkot dari Ampera. Sempat makan pempek terus mau merokok," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: