15 Manfaat Tanaman Herbal Buah Ciplukan bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

15 Manfaat Tanaman Herbal Buah Ciplukan bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Buah Ciplukan atau Physalis peruviana merupakan buah yang sekilas mempunyai rasa mirip buah tomat.

Buah Ciplukan sudah sejak lama dikenal sebagai buah yang mempunyai khasiat sebagai obat. Buah Ciplukan juga tampak unik karena tampilan buah ini tertutup dengan lapisan yang mirip dengan daun. Jika ingin menikmatinya, kamu harus membuka lapisan luarnya terlebih dulu.

Buah Ciplukan bila sudah matang akan berwarna jingga kekuningan ternyata sangat kaya akan vitamin dan Mineral penting, termasuk Antioksidan.

Buah herbal ini mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Kandungannya mulai dari serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, B1, B2, B3, dan vitamin A. 

BACA JUGA:

Buah ciplukan ini mengandung karotenoid, sejenis antioksidan yang membantu mencegah sekaligus memperlambat kerusakan sel tubuh.

Antioksidan ini juga dapat membantu memperkuat sistem kardiovaskular. Dikutip dari artikel halodoc, berikut 15 manfaat lain dari Physalis peruviana, meliputi:

1.  Mengatasi Peradangan

Studi dalam Journal of Crohn’s and Colitis menemukan, ekstrak dari sekam ciplukan mampu mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus.

Selain itu, tikus yang mendapatkan pengobatan dengan ekstrak tanaman ini memiliki tingkat penanda peradangan yang lebih rendah pada jaringannya.

2.  Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain itu, tanaman herbal ini juga mengandung fitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah.

Terdapat pula asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat, yang bekerja dengan menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

3.  Meningkatkan Imunitas Tubuh

Studi dalam The Journal of Evidence-Based Integrative Medicine menemukan bahwa, buah ciplukan mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Khasiat ini berasal dari polifenol yang bekerja dengan menghalangi peradangan tubuh. 

Selain itu, tanaman herbal ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Bahkan, kandungannya dapat memenuhi sebanyak 21 persen kebutuhan harian wanita dan 17 persen kebutuhan harian pria.

4.  Menjaga Kesehatan Tulang

Penelitian lain dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan, ciplukan kaya akan vitamin K, jenis vitamin larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: