5 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan, Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Jantung Koroner Lho!

5 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan, Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Jantung Koroner Lho!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Buah ciplukan merupakan buah yang sudah sangat familiar di sebagian besar masyarakat Indonesia. Buah ciplukan terkenal di Jawa dengan nama Ciplukan, cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Buah yang mempunyai citarasa manis namun agak asam khas buah-buahan tropis, berwarna hijau atau kuning yang berukuran sedikit lebih kecil dari tomat ceri, dan memiliki kulit tipis di luarnya yang harus dikupas sebelum dimakan. Ciplukan juga dikenal bisa tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah atau bisa tumbuh dimana saja.

Tapi tahulah kamu selain mempunyai rasa yang khas, ternyata buah ciplukan juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan lho!

Di artikel RadarPena kali ini akan kita bahas mengenai manfaat mengonsumsi buah ciplukan bagi kesehatan. Yuk simak terus selengkapnya!

BACA JUGA:

Kandungan Buah Ciplukan

Menurut U.S. Department Of Agriculture (USDA) satu cangkir atau 140 gram buah ciplukan mengandung:

  • Kalori: 74

  • Karbohidrat: 15,7 gram

  • Serat: 6 gram

  • Protein: 2,7 gram

  • Lemak: 1 gram

  • Vitamin C: 21% dari RDI untuk perempuan dan 17 persen untuk pria

  • Tiamin: 14% dari RDI untuk perempuan dan 13 persen untuk pria

  • Riboflavin: 5% dari RDI

  • Niacin: 28% dari RDI untuk perempuan dan 25 persen untuk pria

  • Vitamin A: 7% dari RDI untuk perempuan dan 6 persen untuk pria

  • Zat besi: 8%persen dari RDI untuk perempuan dan 18% untuk pria

  • Fosfor: 8% dari RDI

Buah ciplukan juga memiliki jumlah beta-karoten dan vitamin K yang tinggi bersama dengan sedikit kalsium, menurut National Institute of Health

Ciplukan mengandung senyawa chlorogenik acid, asam citrum dan fisalin. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, serta elaidic acid.

Manfaat Buah Ciplukan

Melihat banyaknya kandungan buah Ciplukan, tentu ada banyak manfaatnya. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1.  Meningkatkan Sistem Imunitas

Penelitian di Indo American Journal of Pharmaceutical Research menunjukkan, buah ciplukan terlibat dalam efek imunologis atau sistem imunitas tubuh.

Peneliti mengeringkan ciplukan dan mengekstraksinya dengan etanol 70%. Hasilnya, ekstrak ciplukan tersebut memberikan dampak positif dan mampu menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara.

Meski membutuhkan penelitian lanjutan, namun hasil ini bisa menjadi data yang bagus untuk bisa dikembangkan menjadi salah satu terapi kanker yang diakui.

Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa jumlah antioksidan pada buah ciplukan hampir tiga kali lipat lebih tinggi daripada buah lainnya. Tidak hanya itu saja, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik untuk membantu menghilangkan penumpukan plak di jalur kognitif otak.

2.  Menjaga Kesehatan Mata

Berikutnya, manfaat buah ciplukan yang kedua ialah efektif untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Seperti yang kita tahu bahwa penglihatan memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: