Jangan Dibuang! Ampas Kopi Memiliki Beragam Manfaat Yang Baik Untuk Kesehatan dan Tanaman

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Memiliki Beragam Manfaat Yang Baik Untuk Kesehatan dan Tanaman

Hal tersebut sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dari sisa limbah makanan maupun dari ampas kopi juga bermanfaat untuk tumbuhan maupun tanaman dan tanah.

Dapat Membantu Pengelupasan Kulit

Manfaat ampas kopi yang ketiga yaitu mampu membantu kulit menjadi lebih cerah dan dapat mengurangi munculnya garis - garis halus.

Hal itu sudah diteliti dari sebuah studi pada 2013 yang menunjukkan bahwa asam caffeic, antioksidan yang ada dalam kopi, dapat mengurangi penuaan sel dini dan meningkatkan kadar kolagen.

Cara penggunaanya cukup mudah hanya dengan campurkan ampas kopi dengan minyak kelapa atau air dan madu untuk membuat scrub yang dioleskan ke bagian tubuh.

Sebagai Media Tanam Sayuran

Ampas kopi tak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit tubuh namun juga bisa digunakan untuk media tanaman.

Ampas kopi yang dapat membantu mengusir belatung dari akar hingga serangga seperti pada tanaman wortel, sebab aroma kopi yang tak disukai oleh binatang tersebut.

Tak hanya itu, kandungan nitrogen yang rendah yang terdapat dalam kopi juga yang dapat membantu sayur bisa tumbuh dengan subur.

Membantu Menetralkan Bau

Ampas kopi juga dapat membantu untuk menetralkan bau yang tidak sedap, dengan adanya kandungan nitrogen dalam kopi dapat menyerap berbagai bau tak sedap di ruangan.

Biasanya bau tak sedap yang ada di dalam lemari es maupun di berbagai sudut rumah, tak hanya itu kamu juga bisa menaburkan ampas kopi di karpet sebab aroma tak sedap dari debu maupun keringat yang menempel.

Pengharum ruangan juga biasanya ada yang beraroma kopi, bisa juga diletakkan di dalam mobil untuk mengurangi aroma tak sedap .

Bisa Memudarkan Kantung Mata Membengkak

Kamu sering begadang atau susah tidur sampai area bawah mata menghitam atau membengkak? kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk mengurangi pembengkakan di area mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: