Inilah Manfaat Jahe Merah Demi Kesehatan, Cek Rahasianya!

Inilah Manfaat Jahe Merah Demi Kesehatan, Cek Rahasianya!

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah dosis tinggi (5 gram per hari) dapat menurunkan kadar LDL bila dikonsumsi setidaknya selama 4 hari. 

  • Pereda Rasa Sakit 

Manfaat jahe merah untuk pereda rasa sakit adalah hasil dari kandungan 6-gingerdion dan 6-gingerol di dalamnya. Kandungan tersebut dapat menekan prostaglandin sehingga meredakan rasa sakit.

BACA JUGA:

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah sebagai antimikroba untuk menangkal infeksi virus dan bakteri. Kandungan gingerol di dalamnya diyakini mampu menghambat bakteri,seperti E.colli atau shigella.

Nah, karena itu, di kala pandemi seperti sekarang, jahe merah merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi.

  • Mengurangi Asam Urat

Manfaat jahe merah juga bisa sebagai obat herbal untuk asam urat. Sebab, jahe merah mampu mengurangi peradangan sendi serta membuang tumpukan asam urat dengan melancarkan sirkulasi darah.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Scientific and Technology tahun 2017 menyatakan kompres jahe merah bisa mengurangi rasa nyeri asam urat untuk lansia bila dilakukan secara rutin.

  • Mengurangi Morning Sickness

Meminum air rebusan jahe merah sudah dikenal lama sebagai pereda mual, baik yang disebabkan oleh mabuk laut, pascaoperasi, maupun kemoterapi.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa air jahe efektif meredakan mual pada ibu hamil di trimester pertama alias morning sickness.

Meski demikian, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum air jahe terlalu banyak.

Beberapa orang percaya bahwa konsumsi air jahe saat hamil muda bisa menyebabkan keguguran, meski klaim ini sebetulnya belum memiliki landasan yang ilmiah.

Demikianlah, penjelasan pada artikel tadi terkait manfaat Jahe Merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: