Menghidupkan Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan, Inilah Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Nilainya

Menghidupkan Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan, Inilah Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Nilainya

RADARPENA.CO.ID - Menghidupkan pendidikan karakter berbasis keteladanan dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti memberikan teladan yang baik, memberikan pengajaran secara langsung tentang nilai-nilai pendidikan karakter.

Selain itu, menghidupkan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembelajaran nilai-nilai karakter melalui berbagai aktivitas, dan melakukan pembinaan karakter yang positif melalui lingkungan yang baik.

Memberikan teladan yang baik dalam pendidikan karakter dilakukan oleh para orang tua dan guru yang menjadi role model anak-anak atau muridnya. 

Hal ini akan mempengaruhi pengembangan karakter individu dalam dirinya. 

Aspek pembelajaran langsung melalui guru maupun orang tua juga sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai karakter yang harus dimiliki serta cara menerapkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan pembelajaran karakter melalui berbagai aktivitas seperti kegiatan sosial, ekstrakurikuler, ataupun kegiatan kampus juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran nilai-nilai karakter. 

BACA JUGA:

Pengertian Pendidikan Karakter 

Pendidikan karakter merupakan salah satu jenis pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan individu yang berakhlaqul karimah, yaitu individu yang memiliki kepribadian yang baik, tulus, jujur, mulia, dan bertakwa kepada Allah SWT. 

Tujuan Pendidikan Karakter 

Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk akhlak yang baik dan memperkuat karakter individu agar mereka mampu menjadi manusia yang lebih baik dan berguna bagi lingkungan sekitarnya.

Tujuan utama dari pendidikan karakter adalah membentuk individu yang memiliki karakter yang kuat dan baik. 

Pendidikan karakter juga bertujuan untuk membentuk kepribadian yang jujur, adil, berempati, disiplin, bertanggung jawab dan berwawasan lingkungan. 

Tujuan pendidikan karakter dapat dicapai melalui pengenalan prinsip-prinsip moral yang akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:

Unsur Pendidikan Karakter 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: