Menghidupkan Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan, Inilah Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Nilainya

Menghidupkan Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan, Inilah Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Nilainya

Unsur pendidikan karakter terdiri dari tiga elemen utama yaitu pendidikan moral, pendidikan agama, dan pendidikan sosial. 

Pendidikan moral bertujuan untuk membentuk individu yang berakhlak mulia, memperkuat kesadaran moral, dan memperkuat landasan moral individu. 

Pendidikan agama bertujuan untuk membentuk individu yang bertaqwa dan religius serta memperkuat akidah individu. 

Sedangkan, pendidikan sosial bertujuan untuk membentuk individu yang memahami berbagai macam budaya dan kebiasaan sosial masyarakat serta mampu beradaptasi dan berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan sosial masyarakat.

Nilai-nilai Pendidikan Karakter 

Nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter berbasis keteladanan terdiri dari beberapa nilai seperti: jujur, peduli, bertanggung jawab, adil, disiplin, mulia, santun, rendah hati, tulus, sabar, ikhlas, bersyukur, dan berwawasan lingkungan. 

BACA JUGA:

Ke-12 nilai-nilai tersebut harus menjadi dasar dalam pembentukan karakter dan menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai jujur adalah nilai fundamental yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam kehidupannya. Individu yang jujur akan dipercayai oleh orang lain dan dapat menjadi model teladan bagi orang lain. 

Nilai peduli adalah nilai yang berkaitan erat dengan empati dan kepedulian terhadap sesama. Individu yang nilai pedulinya tinggi mampu merespons kebutuhan dan perasaan orang-orang disekitarnya.

Nilai bertanggung jawab adalah nilai yang menunjukkan kematangan individu dalam mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya. 

Individu yang bertanggung jawab memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, lingkungannya, dan mampu menyelesaikan masalah dengan efektif. 

Nilai adil adalah nilai yang penting dalam membentuk hubungan harmonis dengan orang lain. Individu yang adil akan merespons situasi dengan seimbang dan memberikan keadilan bagi semua pihak.

BACA JUGA:

Nilai disiplin adalah nilai yang membantu individu untuk mencapai tujuannya dan menghargai waktu yang dimilikinya. 

Individu yang disiplin memiliki kontrol diri yang baik dan mampu mengendalikan emosi serta mengelola waktu dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: