Konversi PDF ke Word ternyata Sangat mudah! Begini caranya

Konversi PDF ke Word ternyata Sangat mudah! Begini caranya

Konversi PDF ke Word - PDF adalah singkatan dari "Portable Document Format" dan merupakan format file yang dikembangkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk menyajikan dokumen dan teks dengan tata letak yang konsisten dan terlepas dari perangkat lunak, perangkat keras, atau sistem operasi yang digunakan. 

Keuntungan utama dari PDF adalah kemampuannya untuk mempertahankan format, teks, gambar, dan elemen lain dari dokumen asli tanpa perubahan saat dibuka di berbagai perangkat dan platform.

PDF juga dapat menyertakan tautan, bookmark, dan interaksi lain yang memungkinkan navigasi dalam dokumen.

PDF sangat populer karena keunggulannya dalam menghasilkan dokumen yang dapat diandalkan dan dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang tanpa risiko perubahan tidak disengaja.

Dokumen dalam format PDF sering digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk panduan, buku, brosur, formulir, dan banyak lagi. PDF juga dapat digunakan untuk mengamankan dokumen dengan kata sandi atau mengatur izin akses yang berbeda untuk pengguna yang berbeda.

Namun, keunggulan PDF ini menjadi kekurangan tersendiri bagi beberapa orang yang memakainya. Karena sulitnya merubah atau menambahkan informasi di dalam sebuah file PDF, maka bagi orang yang bekerja secara tim/kelompok ini akan menjadi kesulitan tersendiri.

Tapi tenang, berkat teknologi yang semakin maju, banyak pengembang web yang membuat sebuah fitur dimana kamu dapat merubah atau mengkonversi format file PDF kamu menjadi format file apapun yang kamu inginkan. Salah satu yang format yang digunakan untuk mengkonversi file PDF ini adalah format Word.

BACA JUGA:

Word sendiri adalah sebuah format file dari salah satu software milik microsoft, dimana software ini berfungsi untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen atau teks dengan berbagai macam fitur.

Kamu dapat membuat surat, laporan, esai, resume, dan berbagai jenis dokumen lainnya menggunakan Microsoft Word.

Software ini menyediakan alat untuk memformat teks (seperti gaya, ukuran font, warna, dan paragraf), menambahkan gambar dan grafik, mengatur tata letak halaman, membuat daftar, dan banyak lagi.

Berikut ini cara konversi format file PDF ke Word yang wajib kamu tahu agar memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas :

CARA MENGKONVERSI PDF KE WORD

  • Pastikan kamu punya internet yang cukup dan jaringan yang tidak lemah
  • Buka browser apapun yang kamu pakai lalu ketik "Convert PDF to Word" lalu klik cari
  • Kamu juga bisa menekan link ini (https://www.ilovepdf.com/) untuk langsung pergi ke laman
  • Saat laman terbuka, kamu akan disuguhkan berbagai macam fitur di dalamnya, kamu dapat mengkonversi berbagai jenis file di web ini. Mulai dari PDF, Word, Excel, sampai format MP4 dan MP3 sekalipun.
  • Cari "PDF to Word" lalu tekan
  • Setelah itu jendela baru akan terbuka, disana kamu akan diminta untuk memilih file PDF yang ingin kamu rubah formatnya menjadi Word.
  • Untuk memilih file, kamu bisa tekan "Select PDF file", nantinya jendela lain akan terbuka dan kamu bisa mencari file PDF yang kamu inginkan
  • Setelah kamu memilih, kamu bisa tekan "Open" dan secara otomati file PDF kamu akan masuk ke dalam web.
  • Kamu akan diperlihatkan preview file yang kamu pilih agar kamu tidak salah memilih file
  • Jika sudah memastikan file yang kamu pilih benar, kamu bisa langsung menekan tombol "Conveert to Word" dan web akan segera menggenerasi secara otomatis
  • Generasi ini memakan waktu beberapa detik sampai selesai, untuk hasil yang lebih cepat, pastikan kamu punya koneksi yang lancar juga kuota internet yang mencukup
  • Jika berhasil dikonversi, kamu akan dipindahkan ke jendela lain. Kamu hanya perlu menekan "Download Word" dan secara otomatis file PDF yang sudah dikonversi ke bentuk Word akan diunduh dan tersimpan ke perangkat kamu.

Itulah cara mengkonversi file PDF ke Word yang harus kamu tahu untuk memudahkan aktivitas kamu bekerja atau mengerjakan tugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: