Sambal Jengkol, Bisa Atasi Kesulitan BAB

Sambal Jengkol, Bisa Atasi Kesulitan BAB

JAKARTA, RADARPENA - Sambal Jengkol merupakan makanan yang dibuat dari  Buah Jengkol dan digoreng bersama Cabai Halus ataupun cabai kasar. Masakan ini membuatnya sangat mudah, serta bahan-bahan yang dipergunakan tidak terlalu banyak.

Makanan ini secara umum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia terutama di Pulau Sumatera. Rasanya sangat nikmat, bercitra rasa pedas, dan sedikit berbau khas buah Jengkol yang banyak tumbuh di hutan-hutan di Pulau Sumatera.

Masyarakat sering mencampurkan sambal jengkol dengan ikan, atau tempe atau tahu tergantung selera. Namun canmpuran itu tidak wajib alias boleh ada boleh tidak.  Sambal jengkol digemari baik pria maupun wanita, karena rasanya yang legit dan empuk saat digigit. Citra rasa pedas jika diolah menjadi sambal jengkol merupakan daya pikat sendiri bagi penyuka makanan pedas.

BACA JUGA:Resep Masakan : Tongseng Kambing khas Solo Tanpa Santan

Berikut cara membuat sambal Jengkol

Bahan-bahan

Jengkol setengah tua  ½ kilogram

Cabai Merah 250  gram

Bawang merah 5 siung

Bawang Putih 3 siung

Tomat 2 butir

Penyedap rasa secukupnya

Garam secukupnya

Ikan Teri (Boleh ada)

Tahu (boleh ada)

Tempe (Boleh ada)

Cara membuatnya

Mula-mulai Cuci bersih jengkol yang sudah dikupas dari kulit kerasnya. Biarkan  kulit arinya. kemudian  belah Jengkol menjadi dua bagian. Satu bagian dipotong menjadi dua. Cabai merah ditumbuh halus atau kasar sesuai selera. Menumbuknya bisa menggunakan gilingan atau dengan menggunakan blender.  Setelah itu Jengkol digoreng menggunakan minyak kelapa. Setelah masak dengan ditandai sudah mengeluarkan bau khas jengkol goreng kemudian diangkat dan diletakkan diwadah yang bersih.

BACA JUGA:Ayam Nanking, Masakan Ala Oriental Gurih dan Nikmat, Ini Resepnya

Tahap selanjutnya adalah menumis cabai yang halus atau kasar tadi dengan menggunakan minyak goreng. Minyak yang dipakai bisa menggunakan sisa penggorengan jengkol asalkan baru pertamakali dipakai. Setelah sambal goreng sedikit matang masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah diiris tipis, dan jangan lupa masukkan belahan buah tomat untuk  menimbulkan rasa sedikit masam khas buah tomat. Jangan lupa masukkan penyedap rasa sekucupnya dan garam halus secukupnya.

Khusus untuk  ikan teri yang sudah digoreng atau tahu goreng atau tempe goreng yang dipotong kecil-kecil boleh ditambahkan sebagai pelengkap dari sambal jengkol. Selanjutnya makanan ini siap dihidangkan. Buah jengkol, sudah dikenal secara lazim dikalangan masyarakat, sebagai makanan yang dapat dipergunakan untuk  mengatasi sembelit, alias susah buang air besar. Selain itu buah jengkol memiliki kandungan zat yang berguna untuk  stamina pria dewasa dan dapat menaikkan libido untuk  berhubungan suami istri.

Meski begitu memakan buah jengkol harus perlu berhati-hati karena selain, bau tidak sedap dari mulut orang yang selesai makannya, juga buah jengkol ini dalam beberapa kejadian di masyarakat jika terlalu banyak dikonsumsi atau mengkonsumsi jenis tertentu bisa berkibat susah buang air kecil. Masyarakat lokal terutama dari Provinsi Bengkulu menyebutnya dengan sebutan “tejerek Jengkol” atau di Indonesiakan Terjerat Jengkol (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: