Top 5 Resep Sambal Paling Favorit, Cocolan Pedas Khas Indonesia dan Mudah Dibuat

Top 5 Resep Sambal Paling Favorit, Cocolan Pedas Khas Indonesia dan Mudah Dibuat

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sambal, cocolan pedas khas Indonesia memang tak dapat dipisahkan dari hidangan lezat kita sehari-hari. 

Racikan sambal yang pedas dan menggugah selera menjadi salah satu alasan mengapa sambal menjadi favorit banyak orang di Indonesia. 

Di antara banyak resep sambal yang ada, terdapat lima resep sambal yang paling favorit di kalangan masyarakat, yaitu sambal bawang, sambal dadak, sambal tempong, sambal kecombrang, dan sambal ganja atau asam udeung.

Pertama, sambal bawang. Sambal bawang adalah sambal yang menggunakan bahan utamanya adalah bawang merah dengan cara pembuatannya yang mudah.

Kedua, sambal dadak. Sambal dadak merupakan salah satu sambal tradisional khas Jawa Barat. Resep sambal yang satu ini menggunakan bahan-bahan sederhana dengan menghaluskan semua bahan dan menyajikannya sebagai cocolan untuk makan tahu goreng, bakwan, atau perkedel.

BACA JUGA:

Ketiga, sambal tempong. Sambal tempong berasal dari Banyuwangi, sambal ini terkenal karena pedasnya yang luar biasa. Sambal tempong paling nikmat disantap dengan nasi hangat, ayam goreng, atau iga bakar.

Keempat, sambal kecombrang. Sambal kecombrang memiliki cita rasa yang unik dan khas karena menggunakan bahan utama kecombrang atau bunga kencur. 

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan semua bahan dan menumisnya dengan minyak hingga harum. Sambal kecombrang enak untuk dicocol dengan ikan bakar, pepes, atau seafood.

Terakhir, sambal ganja atau asam udeung. Sambal ini cocok dicocol dengan makanan khas Aceh seperti mie Aceh atau nasi goreng special.

Dari kelima sambal tersebut, sambal bawang, sambal dadak, sambal tempong, sambal kecombrang, dan sambal ganja atau asam udeung, semuanya memiliki rasa pedas yang menggugah selera. 

Nah, untuk resep masing-masing sambal di atas, berikut ini kami sajikan seperti dikutip Radarpena dari Instagram @101makananenak.

BACA JUGA:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: