Yuk Simak Perbedaan Antara Ibadah Haji dan Umrah, Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Yuk Simak Perbedaan Antara Ibadah Haji dan Umrah, Yang Wajib Diketahui Umat Islam

BACA JUGA:Pengembang Tidak Transparan, Warga Datangi Gedung DPRD Kota Bandung

Bacaan Arab : 

قال ابن إسحاق لم يبعث الله نبيا بعد إبراهيم عليه الصلاة والسلام إلا حج

Artinya : 

“Ibnu Ishaq berkata Allah tidak mengutus seorang Nabi setelah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam kecuali ia melakukan haji,” (Syekh Zainuddin Abdul Aziz al-Malibari, Fathul Mu’in Hamisy Hasyiyah I’anah al-Thalibin, Dar al-Fikr, juz 2, hal. 312).

Sementara dalam syariat Islam, umrah merupakan kegiatan berkunjung ke Baitullah atau masjidil haram dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT yaitu dengan memenuhi syarat - syaratnya.

BACA JUGA:Nama Asli AnakKedua Pasangan Raffi Ahmad Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, Bukan Cipung

Secara bahasa, umrah berarti berziarah ke tempat ramai atau berpenghuni, sementara menurut istilah umrah adalah menyengaja menuju Ka bah untuk melaksanakan ibadah tertentu.

Amalan rukun umrah meliputi thawaf, sa’i, dan juga bercukur.

Perbedaan tempat pelaksana :

Selain perbedaan waktu antara ibadah haji dan umrah, perbedaan tempat pelaksanaan haji dan umrah juga memiliki perbedaan.

Ibadah haji tidak hanya dilaksanakan di Masjidil Haram, akan tetapi mewajibkan semua jemaah untuk melakukan rukun yang dikerjakan di luar Makkah.

BACA JUGA:Nama Asli AnakKedua Pasangan Raffi Ahmad Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, Bukan Cipung

Diantaranya yaitu seperti wukuf di Padang Arafah, mabit atau menginap di Muzdalifah, dan mabit serta melempar jumroh di Mina.

Sementara ibadah umrah hanya dilaksanakan di Makkah, yaitu thawaf di Baitullah dan sa'i antara Bukit Shafa dan Marwa. Kemudian jemaah umroh pergi berziarah ke Madinah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: