Rahasia Kue Apem Bersarang Lembut dan Mengembang Sempurna, Ini Resep dan Caranya!

Selasa 03-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Siapa yang tidak suka dengan kue apem yang lembut, mengembang sempurna, dan memiliki tekstur bersarang yang khas? Kue tradisional ini memang memiliki penggemarnya tersendiri.

Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan membuat kue apem dengan hasil yang sempurna. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan membuat kue apem, mulai dari pemilihan bahan, takaran, hingga teknik pengadukan.

Apa itu Kue Apem Bersarang?

Kue apem bersarang adalah kue tradisional yang memiliki rongga-rongga udara di dalamnya sehingga teksturnya menjadi lembut dan mengembang. Rongga-rongga udara ini terbentuk akibat proses fermentasi yang terjadi pada adonan. 

Rahasia Membuat Kue Apem Bersarang Sempurna

Untuk mendapatkan kue apem bersarang yang sempurna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pilih Bahan Berkualitas

Tepung beras: Pilih tepung beras yang ber kualitas baik dan tidak menggumpal. Tepung beras akan memberikan tekstur yang kenyal pada kue apem.

BACA JUGA:

Ragi instan: Ragi instan akan mempercepat proses fermentasi. Pilih ragi instan yang masih aktif dan berkualitas baik.

Santan: Gunakan santan kental dari kelapa parut segar. Santan akan memberikan rasa gurih dan membuat kue apem lebih lembut.

Gula: Gunakan gula pasir atau gula merah. Gula akan memberikan rasa manis pada kue apem dan menjadi sumber makanan bagi ragi.

2. Perhatikan Takaran

Perhatikan takaran setiap bahan yang digunakan. Takaran yang tepat akan menghasilkan adonan dengan kekentalan yang sesuai dan memudahkan proses fermentasi.

3. Teknik Pengadukan

Kategori :