Rahasia Kue Apem Bersarang Lembut dan Mengembang Sempurna, Ini Resep dan Caranya!

Selasa 03-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

Aduk adonan dengan perlahan dan menggunakan spatula atau whisk. Hindari mengocok adonan terlalu keras karena akan membuat banyak udara masuk dan dapat menyebabkan kue apem menjadi keras.

4. Proses Fermentasi

Biarkan adonan berfermentasi pada suhu ruang selama kurang lebih 30-60 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Proses fermentasi yang cukup akan menghasilkan kue apem yang lebih mengembang dan berongga.

5. Pengukusan

Kukus adonan dengan api sedang selama kurang lebih 30 menit. Jangan membuka tutup kukusan selama proses pengukusan berlangsung untuk menghindari adonan turun.

Resep Apem Bersarang 

Dikutip Radarpena dari Instagram @kitchenrina6, inilah resep apem bersarang enak yang bisa kamu jadikan panduan untuk mencobanya sendiri di rumah.

Bahan-bahan: 

  • 250 gram tepung beras 
  • 50 gram tepung sagu atau tepung kanji 
  • 140 gram gula pasir 
  • 200 ml santan kental 
  • 250 ml air hangat 
  • 1 sendok teh ragi instant 
  • Sejumput garam halus 
  • Pewarna makanan (optional) 

BACA JUGA:

Cara Membuat Kue Apem Kukus Bersarang:

1. Campurkan ragi instant dengan 4 sendok makan air hangat. Setelah itu didihkan santan kental bersama gula pasir hingga larut. Lalu sisihkan dan dinginkan.

2. Selanjutnya campurkan tepung beras, larutan ragi instant, tepung kanji dan juga sisa air hangat sambil diuleni hingga adonan menjadi kalis selama kurang lebih 15 menit. 

3. Kemudian disusul dengan menuangkan santan yang telah dididihkan terlebih dahulu, aduk hingga rata. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan sesuai selera, dari warna merah, hijau, kuning dan lain sebagainya. Jika tidak ingin menggunakan pewarna, biarkan saja dengan warna putih adonan alami. Jika sudah, tuangkan adonan ke dalam cetakan plastik tahan panas.

5. Kemudian panaskan dandang hingga mendidih dan beruap banyak, masukkan adonan yang telah dimasukkan ke dalam cetakan. Lalu kukus kurang lebih selama 20 menit hingga matang. Angkat.

6. Kue apem kukus bersarang pun siap untuk disajikan.

Kategori :