Resep Putu Ayu Lembut dan Wangi: Kue Tradisional yang Menggugah Selera

Resep Putu Ayu Lembut dan Wangi: Kue Tradisional yang Menggugah Selera

Resep putu ayu --Instagram @dhiahoddie

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Putu ayu adalah salah satu kue tradisional khas Indonesia yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang pas. kue ini sangat populer di berbagai daerah dan sering menjadi pilihan untuk suguhan pada acara keluarga atau hajatan. 

Dengan perpaduan antara kelapa parut dan pandan, kue putu ayu tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan aroma yang sangat khas. 

Berikut ini akan kami bagikan resep putu ayu yang lembut, harum, dan nikmat. Dengan bahan-bahan sederhana dan cara pembuatan yang cukup mudah, putu ayu bisa menjadi pilihan kue yang pas untuk berbagai acara. 

Rasanya yang lembut dengan aroma pandan dan kelapa yang khas membuat kue putu ayu ini selalu digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

BACA JUGA:

Putu ayu biasanya identik dengan warna hijau pandan, tetapi kamu juga bisa berkreasi dengan warna dan rasa lain. Misalnya, menggunakan pasta cokelat atau stroberi untuk memberikan variasi warna dan rasa yang berbeda.

Tanpa berlama-lama, yuk, simak resep putu ayu lembut dan wangi berikut ini. Let's check this out!

Resep Putu Ayu 

Dikutip Radarpena dari Instagram @dhiahoddie, inilah resep putu ayu yang bisa kamu jadikan panduan untuk mencobanya sendiri di rumah. Resep ini bisa menghasilkan 18 kue putu ayu.

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 125 gram gula halus
  • 2 butir telur
  • 1 sdt SP
  • 150 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • Pewarna hijau dan pasta pandan secukupnya
  • Kelapa parut (beri garam sedikit), kukus 15 menit

Cara Membuat:

1. Kocok telur, gula, SP, garam, dan vanili dengan speed tinggi sampai mengembang dan kental, tambahkan pewarna dan pasta pandan.

2. Turunkan speed rendah, masukkan terigu perlahan-lahan diselingi santan kental sedikit demi sedikit.

3. Siapkan cetakan kue putu, olesi minyak. Beri sedikit kelapa parut, tekan-tekan dan tuang adonan 3/4 cetakan. Kukus selama 20 menit dengan api sedang.

4. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Putu ayu siap disajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: