Resep Asinan Kiamboy dengan Sensasi Asam Manis yang Nyegerin, Ternyata Cara Buatnya Gampang!

Resep Asinan Kiamboy dengan Sensasi Asam Manis yang Nyegerin, Ternyata Cara Buatnya Gampang!

Ilustrasi asinan kiamboy --YouTube Mrs. Culinary

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Siapa yang tak kenal dengan kelezatan asinan? Hidangan segar dengan perpaduan rasa asam, manis, dan sedikit pedas ini memang tak pernah gagal memanjakan lidah. 

Salah satu jenis asinan yang patut dicoba adalah asinan kiamboy. Buah kiamboy yang renyah dan sedikit asam, jika diolah menjadi asinan, akan menghasilkan cita rasa yang unik dan menggoyang lidah.

Ternyata, membuat asinan kiamboy sendiri itu mudah! Kamu tidak perlu repot-repot membelinya di pasar. Dengan resep bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu bisa membuat asinan kiamboy sendiri di rumah.

Asinan kiamboy sangat cocok dinikmati sebagai hidangan pembuka atau camilan. Rasa segarnya akan membuat kamu ketagihan. Selain itu, asinan kiamboy juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:

Resep Asinan Kiamboy

Dikutip Radarpena dari YouTube Mrs. Culinary, inilah resep asinan kiamboy segar yang bisa kamu jadikan panduan untuk mencobanya.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm manisan mangga 
  • 8-10 buah kiamboy
  • 15 pcs jeruk sonkit atau jeruk nipis
  • 2 buah nanas madu 
  • 3 buah jambu kelutuk 
  • Kelengkeng kaleng

1. Pertama, siapkan panci dan tuang air kelengkeng ke dalam panci, lalu masukkan kiamboy-nya. Setelah itu, masak hingga airnya mendidih. (Jika kalian tidak menggunakan kaleng buah, bisa menggantikan sirup ini dengan air dan gula yang di larutkan).

2. Selagi panas, masukkan juga manisan mangga lalu aduk hingga rata. Kemudian beri perasa jeruk sonkit ke dalam kuahnya.

3. Setelah kuahnya sudah suam suam kuku, tambahkan 1 hingga 2 gelas air es yang dingin. Karena rasa kuah ini sangat penting, jadi kalian cicipi sesuai selera kalian.

4. Tuang kuahnya ke dalam lengkengnya lalu berikan potongan buah jambu dan juga nanas. Setelah itu tuang lagi kuah kiamboynya.

5. Terakhir hiasi dengan potongan jeruk sonkit. Sebelum dikonsumsi, dinginkan minimal 2 jam di dalam kulkas agar rasa buahnya menyerap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: