Resmi! UI Umumkan 7 Nama Calon Rektor Tersaring Periode 2024-2029

Resmi! UI Umumkan 7 Nama Calon Rektor Tersaring Periode 2024-2029

7 Calon Rektor Tersaring UI --DOK UI

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) Universitas Indonesia (UI) telah mengumumkan tujuh calon tersaring yang maju ke tahap berikutnya untuk memperebutkan kursi Rektor UI Periode 2024-2029.

Proses seleksi pun semakin ketat dengan para kandidat yang memiliki riwayat akademis dan pengalaman luar biasa.

Sebelum diumumkan lolos ke tahap 7 besar, para kandidat diminta untuk memaparkan profil diri dan rencana ke depan yang meliputi rekam jejak dan prestasi, entrepreneurship (kemampuan menghimpun dana), rencana program, dan terobosan yang akan dilakukan.

Selain itu juga menyampaikan visi misi kepemimpinan, wawasan tentang UI, hingga rencana strategis yang mengacu pada kebijakan umum dan rencana pembangunan jangka panjang UI.

Pada tahap ini, Ketua Pansus Pilrek UI Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A. mengungkapkan kriteria utama yang menjadi pertimbangan.

“Kita harus tahu dengan jelas apa latar belakangnya dan apa yang pernah dilakukan. Tidak mungkin seseorang yang belum pernah melakukan apa-apa tiba-tiba akan lompat jauh dan melakukan sesuatu yang sangat besar. Tentu kita harus memperhatikan track record-nya,” ujar Bambang pada keterangan tertulis, dikutip 7 September 2024.

BACA JUGA:

Kemudian ia menekankan kemampuan entrepreneurship calon rektor sehingga dapat menghimpun dana tanpa harus mengandalkan biaya pendidikan dari mahasiswa.

Rektor UI juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas atau posisi kampus baik di tingkat nasional maupun global.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, calon rektor juga dapat membuka peluang kerja sama dengan berbagai mitra strategis.

Setelah diskusi ketat, 7 dari 13 kandidat pun dipilih untuk melalui tahap penilaian terbuka.

Pada tahap ini, masyarakat bisa memberikan asupan publik terkait track record dari para calon rektor melalui laman www.pemilihanrektor.ui.co.id sepanjang 10-16 September 2024.

Nantinya, asupan publik tersebut menjadi bahan pertimbangan MWA UI dalam proses penyaringan tiga besar calon rektor.

Di mana, tahap terakhir ini akan diundang panelis pakar di bidang manajemen pendidikan tinggi, tata kelola universitas, dan manajemen inovasi atau perubahan untuk menyaksikan presentasi terkait arah pengembangan UI dan memberikan rekomendasi ke MWA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: