Catat! Jenis Vitamin Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan dengan Kopi, Apa Saja Sih?

Catat! Jenis Vitamin Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan dengan Kopi, Apa Saja Sih?

Foto ilustrasi: jenis vitamin yang tidak boleh dikonsumsi secara bersama dengan kopi.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Orang-orang meminumnya hampir setiap waktu, baik itu saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Biasanya, orang-orang meminum secangkir kopi pahit mereka bersama dengan camilan seperti kue, biskuit, atau pun gorengan.

Selain itu, beberapa orang juga menambahkan suplemen dan vitamin mereka ke dalam kopi untuk memaksimalkan manfaat dari minuman berkafein tersebut. 

Namun, para ahli berpendapat bahwa ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan minum kopi. Ini karena kafein dalam kopi dapat memengaruhi penyerapan vitamin dan mineral di dalam tubuh.

BACA JUGA:

Lantas, apa saja sih jenis vitamin yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan kopi? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Vitamin D

Para ilmuwan telah menemukan bahwa vitamin D memengaruhi lebih dari 200 gen dalam tubuh kita. Vitamin D menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat, mengatur hormon seks kita, dan sangat penting bagi tubuh untuk menyerap kalsium guna memperkuat tulang dan gigi.

Vitamin D juga penting untuk mengatur tidur. “Kadar vitamin D yang rendah meningkatkan risiko kesulitan tidur, termasuk durasi tidur yang lebih pendek, peningkatan terbangun di malam hari, dan keterlambatan waktu tidur,” jelas Rhian.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita dapat mengalami penurunan ekspresi reseptor vitamin D yang disebabkan oleh kafein, sehingga menghasilkan kadar yang lebih rendah pada orang yang minum lebih banyak kafein," tambahnya.

Secara khusus, sebuah studi gabungan oleh Universitas Creighton di Nebraska dan Universitas Miami, Florida, menemukan bahwa kafein mengurangi ekspresi reseptor vitamin D pada osteoblas sel-sel dalam tubuh kita yang bertanggung jawab untuk memproduksi tulang.

BACA JUGA:

Vitamin C dan B

Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang digunakan untuk membuat tulang rawan, ligamen, kulit, dan pembuluh darah. Vitamin C juga membantu penyembuhan luka dan merupakan antioksidan kuat yang melindungi DNA dari radikal bebas yang merusak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: