Manfaat dan Efek Samping Yoghurt untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Apa Saja Sih?

Manfaat dan Efek Samping Yoghurt untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Apa Saja Sih?

Ilustrasi Foto: Yogurt.--Pinterest.com

Yoghurt memiliki sifat anti-karsinogenik dan dikenal dapat melindungi tubuh kita dari kanker usus besar, kandung kemih, dan payudara.

Mengatur Kadar Gula Darah

Konsumsi yoghurt buatan sendiri tanpa pemanis secara teratur membantu mengatur kadar gula darah dan sangat baik untuk penderita diabetes melitus tipe 2.

Mengurangi Depresi

Probiotik dalam yoghurt membantu mengurangi kecemasan dan stres, sehingga membuat pasien depresi merasa lebih baik.

Menghasilkan Banyak Nutrisi Penting

Selain probiotik, yoghurt mengandung banyak nutrisi lain yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Dosis fosfor pada yoghurt membantu menjaga kesehatan tulang, mendukung metabolisme energi, tidur, dan suasana hati. Serta potasium yang mengatur tekanan darah, mobilitas otot, dan pemulihan.

BACA JUGA:

Efek Samping Konsumsi Yoghurt


Alergi Foto : Halodoc--

Perut Kembung

Efek samping yoghurt bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyebabkan perut kembung. Yoghurt memiliki kandungan laktosa yang dapat menyebabkan perut kembung bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah kondisi seseorang kesulitan untuk mencerna laktosa karena kekurangan enzim laktase. Enzim ini diperlukan untuk memecah laktosa menjadi gula sederhana.  Selain perut kembung, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan, seperti diare, sakit perut, atau mual. 

Dapat Menyebabkan Migrain

Makan terlalu banyak yoghurt dapat berpotensi menyebabkan migrain. Mengutip situs American Migraine Foundation, yoghurt merupakan salah satu makanan yang tinggi akan tiramin. Pada dasarnya, tiramin dapat diolah oleh tubuh tanpa menimbulkan gangguan. Namun, mengonsumsi tiramin dalam jumlah tinggi dapat menimbulkan migrain. Tiramin diketahui dapat mengakibatkan pelepasan hormon stres yang berlebihan sehingga menimbulkan migrain, hipertensi, hingga muntah. 

Reaksi Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: