Geo Wisata Stone Garden di Bandung, Dulu Dasar Laut, Kini Suguhkan Pemandangan Bebatuan Karang Menakjubkan

Geo Wisata Stone Garden di Bandung, Dulu Dasar Laut, Kini Suguhkan Pemandangan Bebatuan Karang Menakjubkan

Wisata Stone Garden di Bandung Jawa Barat yang memuka Foto : Radar Jabar --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID – Bicara Kota Bandung yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat, banyak memiliki destinasi wisata. Ini membuat Bandung menjadi tujuan wisata utama bagi turis lokal di Indonesia.

Bandung memiiki segudang daya pikat yang tak dimiliki seperti daerah lain. Alamnya yang sejuk, tradisi dan budayanya yang menarik, ditambah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bandung merupakan daya tarik tersendiri.

Satu diantara sekian banyak destinasi wisata di Bandung adalah, Wisata Geopark Stone Garden yang berada di Gunung Masigit, Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Jawa Barat. Tempat ini merupakan situs warisan alam dengan hamparan bebatuan atau gamping yang tersebar di bebukitan.

Wisata Stone Garden menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan mempesona. Di tempat ini kita dapat melihat objek wisata bebatuan yang masih asli dan alami. Tempatnya berada di puncak bukit, kita juga bisa menikmati pemandangan hijau.

BACA JUGA:

Awal pertama kali Stone Garden Citatah ditemukan pertama kali yakni, pada tahun 2000 oleh kelompok peneliti geologi ITB bernama kelompok Riset Cakungan Bandung (KRCB) ITB. Hasil temuan tersebut ternyata menunjukkan  bahwasanya dahulu Bandung merupakan kawasan laut dan lokasi ini adalah dasar laut.

Para pakar dari ITB tersebut memperkirakan bahwa bebatuan yang berada di Stone Garden diperkirakan terbentuk sejak zaman Miosen sekitar 20 hingga 30 juta tahun lalu.

Stone Garden Citatahpu  akhirnya dibuka menjadi destinasi wisata pada 2014 silam dan dikelola oleh warga setempat. Wisata Stone Garden Citatah juga menjadi cagar budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Kawasan Wisata Stone Garden terkenal akan bebatuan karangnya,  dan menjadi daya pikatnya. Pengunjung bisa mengabadikan momen dengan berfoto disejumlah spot foto Stone Garden Citatah.

Di tempat ini terdapat pula Jembatan gantung yang turut pula menjadi spot foto favorit pengunjung. Jembatan gantung ini, dilengkapi dengan tali pengaman. Pengunjung tidak perlu khawatir untuk  menyeberang di atas jembatan gantung ini.

Naik ke jembatang gantung setiap satu orang pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000. Cukup terjangkau dan kita bisa berfoto di spot jembatan gantung sebagai momen mengabadikan kenangan.

Menarik di Wisata Stone Garden terdapat dekorasi unik  seperti kursi tebing, sarang burung elang, rumah ala suku indian, dan hammock yang bisa dijadikan properti foto.

Untuk datang ke Wisata Stone Garden Citatah, kita perlu mengetahui jam buka atau operasionalnya yakni dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. waktu sore hari merupakan waktu tepat datang ke Wisata Stone Garden, karena pemandangannya yang semakin indah. 

Harga tiket masuk ke Wisata Stone Garden cukup terjangkau hanya Rp 12.000 khusus bagi wisatawan lokal dan Rp 25.000 untuk  wisatawan asing.

Untuk lokasi parkir kendaraan dikenakan biaya parkir Rp 5000 untuk  motor sedangkan mobil Rp 7.500. Demikian informasi destinasi wisata di Stone Garden Citatah, semoga menambah referensi anda untuk  menikmati wilayah Bandung dengan sejumlah tempat wisata menarik di sana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: