Inilah 10 Manfaat dari Secangkir Teh Putih yang Baik untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Inilah 10 Manfaat dari Secangkir Teh Putih yang Baik untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Ilustrasi teh putih.--Pinterest.com

Cegah Penyakit Jantung

Polifenol seperti yang ditemukan dalam teh putih dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian telah menemukan bahwa polifenol dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Studi lain telah menemukan bahwa polifenol dapat mencegah kolesterol jahat tidak teroksidasi, yang merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Bantu Penurunan Berat Badan

Teh putih efektif untuk membakar lemak. Kadar kafein dan katekin berperan untuk membakar lemak tubuh. Sebuah studi tabung menemukan bahwa ekstrak teh putih mampu merangsang pemecahan lemak dan mencegah pembentukan sel-sel lemak baru. Teh putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme 4-5%. Teh yang mengandung katekin juga ditemukan memiliki sifat antiangiogenik yang dapat mencegah obesitas.

Baik Untuk Mengontrol Gula Darah

Polifenol seperti yang ada di teh putih dapat menurunkan risiko resistensi insulin. Molekul di dalam teh, seperti polifenol, secara signifikan mengurangi kadar gula darah dan insulin. Resistensi insulin sangat umum dan terkait dengan banyak kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung dan sindrom metabolik.

Cegah Jerawat

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Kingston University, London, teh putih memiliki sifat antiseptik dan antioksidan. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, dan menjaga kesehatannya. Teh putih ini bisa diminum langsung atau diaplikasikan secara topikal pada kulit.

Menjaga Kesehatan Mulut

Kombinasi antara senyawa polifenol dan tannin di dalam teh putih mampu membantu menghambat pertumbuhan beberapa macam bakteri yang ada di mulut.

BACA JUGA:

Mencegah Infeksi

Teh putih mempunyai sifat anti-bakteri yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari risiko serangan mikroorganisme dan bakteri yang bisa menimbulkan infeksi pada tubuh.

Mencegah Osteoporosis 

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang dimana  tulang menjadi berlubang dan keropos. Salah satu penyebabnya adalah adanya peradangan kronis akibat radikal bebas di tubuh. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa menekan sel yang membantu pertumbuhan tulang dan mendorong produksi sel yang memecah tulang. Dengan demikian, maka akan terjadi pengeroposan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: