PDI Perjuangan-PKB Bakal Rebut Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, Begini Komentar PKS

PDI Perjuangan-PKB Bakal Rebut Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, Begini Komentar PKS

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - PDI Perjuangan dan PKB berpotensi merebut Anies Baswedan untuk diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 tanpa PKS.

Walaupun, sebelumnya PKS telah mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman sebagai cagub-cawagub pada Pilkada Jakarta 2024.

Terkait potensi PDI Perjuangan-PKB bakal mengusung Anies Baswedan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu pun buka suara.

Ahmad Syaikhu mengatakan, keputusan tersebut nantinya tetap dikembalikan kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu. Tetapi disisi lain, pihak PKS sudah mencoba berusaha dan berikhtiar.

"Ya semuanya kembali pada pak Anies sendiri, kami sudah berusaha berikhtiar untuk membawa pak Anies dengan pasangan Muhammad Sohibul Iman," ujar Syaikhu di Hotel Sahid, Jakarta Pusat pada Kamis, 27 Juni 2024.

Meski begitu, kata Ahmad Syaikhu, posisi tersebut berhadapan pada sebuah realita. Pasalnya, PKS belum bisa memenuhi 22 kursi untuk sampai di Pilkada 2024.

BACA JUGA:

"Walaupun tadi memang kita berhadapan pada sebuah realitas bahwa ini belum bisa melangkah karena belum cukup kursinya," tuturnya.

Maka dari itu, pihak PKS akan mencoba berkomunikasi dengan partai lain untuk dapat mengusung Anies Baswedan. Dan berharap membangun koalisi bersama.

"Oleh karena itu, saya juga minta pak Anies dan kita semua akan berikhtiar untuk mencari kursi tambahan sehingga insya allah perahu bisa berlayar," jelasnya.

Disisi lain, Syaikhu menambahkan, bahwa saat ini PKS belum berkoalisi dengan partai manapun.

Bahkan, pihaknya menawarkan kepada partai-partai lain agar bisa mendukung pasangan Aman (Anies Baswedan - Sohibul Iman).

"Ya koalisi Jakarta belum dengan siapa-siapa. Ini justru kita tawarkan kepada partai-partai yang lain supaya pasangan ini bisa disupport dan didukung bersama," tukasnya.(candra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: